Dishub Baubau Ajak Pemilik dan Nakhoda Kapal Patuhi Keselamatan Pelayaran

35
Cuaca buruk, Dishub Kota Baubau imbau patuhi keselamatan pelayaran. Foto: Putra/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Cuaca buruk dan tingginya gelombang laut, serta angin yang kencang harus menjadi perhatian untuk diwaspadai, bagi seluruh pemilik kapal serta nakhodanya. Dengan hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau mengajak pemilik dan nakhoda kapal, untuk selalu memperhatikan keselamatan berlayar.

Kepala Dishub Kota Baubau LM Taufik Saidi, saat dikonfirmasi media ini, Kamis (21/1/2021) mengatakan, sebagai bentuk tugas dan kepedulian, maka pihaknya memberikan himbauan kepada pemilik dan operator kapal Speed Boat maupun Kapal antar pulau yang berada di Pelabuhan Baubau agar selalu memperhatikan keselamatan berlayar.

Selain itu, harus wajib mengantongi surat izin kelaikan berlayar. Serta dilakukan pemeriksaan  terhadap armada angkutan umum speedboad dan kapal motor yang akan berlayar mengangkut penumpang antar pulau.

“Kita akan selalu mengawasi serta melakukan himbauan khususnya di beberapa pelabuhan rakyat Jembatan Batu, pelabuhan Sulaa dan pelabuhan Tarafu,” jelasnya

Lanjutnya, pihaknya juga selalu berkordinasi dengan pihak BMKG untuk memastikan kondisi cuaca, dengan selalu melakukan pengecekan beberapa alat keselamatan seperti life jacket, lifeboy dan alat keselamatan lainnya serta surat kelengkapan kapal sesuai dengan Undang-Undang nomor 17 tahun 2008.

“Kepada para pemilik dan nakhoda kapal motor yang beroperasi untuk dapat memperhatikan keselamatan selama pelayaran,” tutupnya.

Reporter : Putra
Editor: Herman Erlangga