Dorong Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Konsel, Surunuddin Minta Dukungan Menparekraf

43
Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, saat mengunjungi Kemenparekraf di Jakarta - Doc: Suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga meminta dukungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, untuk pengembangan wisata dan ekonomi kreatif di Konsel.

Hal tersebut diungkapkannya saat mengunjungi Kemenparekraf di Jakarta, Senin (7/6/2021). Sekaligus, memaparkan penetapan 37 Desa di Konsel, menjadi Desa Wisata dengan keunikan dan khazanah budaya masing-masing.

“37 Desa Wisata ini kami tetapkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga dengan sendirinya masyarakat bisa menjaga potensi alam yang ada di Desanya masing-masing,” ungkap Bupati Surunuddin dihadapan Sandiaga Uno.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa, potensi wisata di Konsel cukup besar dimana sejumlah lokasi wisata masuk dalam wilayah taman nasional, sehingga menurut hematnya, itu membutuhkan koordinasi yang baik dengan Kementerian terkait. Baik itu Kemenparekraf, ataupun dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dikesempatan itu juga, orang nomor satu di Konsel itu mengungkapkan, sejumlah hambatan di Kabupaten Konsel yang tentunya membutuhkan atensi Menteri Sandiaga Uno dan jajarannya.

Diantaranya, pemberian dukungan program peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang Parekraf, juga minimnya infrastruktur pendukung destinasi wisata dan masih kecilnya dukungan investasi di sektor kepariwisataan.

“Saya berharap dengan audiensinya dengan Menteri Sandiaga, akan membawa angin segar bagi sektor kepariwisataan di Konsel. Audiensi tersebut kemudian diakhiri dengan tukar cinderamata antara Menteri Sandiaga dan Bupati Surunuddin.

Reporter: Udin