Dua Desa di Muna Dapat Kucuran Dana Dari Kementerian DPDTT

150 views
Dua Desa di Muna Dapat Kucuran Dana Dari Kementerian DPDTT RI. Foto: Iman/suryametro.id

RAHA, suryametro.id – Dua Desa di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), dapat kucuran dana dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT).

Dana bantuan tersebut, diperuntukkan untuk pengembangan objek wisata di Desa Labone, Kecamatan Lasalepa dan Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno.

“Alhamdulillah tahun ini, Desa Labone dan desa Oempu sebagai desa wisata mendapat bantuan dana dari Kementerian Desa PDTT RI untuk pembangunan sarana dan prasarananya,” kata Sekertaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muna, Darwi ditemui saat mendampingi tim dari Kementerian DPDTT yang berkunjung ke Kabupaten Muna, Selasa (11/04/2023).

Bantuan sarana dan prasarana yang dimaksud lanjut Darwi yakni, berupa pembangunan toilet, gazebo serta sarana penunjang lainnya.

“Kami atas nama Pemda Muna sangat berterimakasih kepada Kementerian Desa PDTT RI dan semoga, tahun berikutnya bertambah lagi desa wisata di Kabupaten Muna yang mendapatkan bantuan yang sama,” harap Darwi.

Sementara itu, Kepala Desa Labone, Agus Salim mengaku, sejak dirinya menjabat, upaya koordinasi bersama instansi terkait rutin dilakukan. Terkhusus pada Dinas Pariwisata. Pasalnya, pariwisata Desa Labone bisa jadi andalan untuk tingkatkan sumber PAD.

“Alhamdulillah Desa Kami (Labone) mendapat bantuan dari Kementerian Desa PDTT, Kami sangat bersyukur karena selama ini pembangunan permandian topa dan tracking mangrove hanya mengandalkan Dana Desa (DD),” ucapnya.

“Tahun ini juga melalui Dana Desa (DD), Ketahanan Pangan menganggarkan pengembangan obyek wisata Topa berkisar 200 Juta. Pengembangan obyek wisata ini, merujuk pada Perbup tentang obyek wisata,” kata Agus menambahkan.

Penulis: Iman