Empat Pelajar Kota Baubau Ikut Seleksi Paskibraka Nasional

805
Empat pelajar Kota Baubau ikut seleksi Paskibraka Nasional. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), mengutus empat orang pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional dan provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Keempatnya merupakan utusan dari SMA Negeri 2 Baubau dan SMK Negeri 3 Baubau. Proses seleksi bakal digelar di Hotel Claro Kendari selama tiga hari, sejak 20 hingga 23 Mei 2021.

Kadispora Kota Baubau, La Ode Darussalam menuturkan, keempat siswa dan siswi yang diutus itu sebelumnya sudah melalui seleksi tingkat Kota Baubau, saat itu yang mengikuti seleksi sebanyak 46 siswa dan siswi SMA maupun SMK se Kota Baubau.

Setelah ditetapkan lolos seleksi tingkat Kota, empat siswa dan siswi tersebut dilatih khusus oleh Dispora dan TNI/Polri. Keempatnya adalah Wahyu Dias Aprianto Bagio, Riski Safrian, Wa Ode Siti Nurhayat utusan SMA Negeri 2 Baubau dan Ainun Jariah Ismail dari SMK Negeri 3 Baubau.

“Dari hasil latihan ini dibawah ke Kendari mewakili Baubau, untuk seleksi tingkat nasional yang dibuka langsung oleh Wagub Sultra H Lukman Abunawas, di hotel Claro Kamis (20/5/2021) dan Insya Allah bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Darussalam menambahkan, sejak Dispora Kota Baubau berdiri tahun 2017 hingga saat ini, sudah sering berpartisipasi tiap tahunnya dalam mengutus peserta seleksi Paskibraka, namun hanya tahun 2020 tidak mengirim karena dalam masa pandemi covid-19.

Dikatakan, keikutsertaan Kota Baubau mengikuti seleksi Paskibraka, baik tingkat Provinsi Sultra selalu memberikan hasil yang terbaik. Dimulai tahun 2017, walaupun tidak lolos ditingkat nasional, tapi di tingkat Provinsi Sultra menjadi pasukan 8 atau pasukan pembawa bendera, bahkan menjadi komandan pasukan di kelompok 17.

Kemudian di tahun 2018, menjadi pembawa bendera dan komandan pasukan 8. Puncaknya di tahun 2019, salah seorang dari siswa Baubau berhasil mewakili Sultra di tingkat nasional.

“Mudah-mudahan di tahun 2021 ini, siswa dan siswi Kota Baubau yang tengah mengikuti seleksi Paskibraka di Provinsi Sultra, dapat memberikan yang terbaik dan mengikuti seniornya menjadi pembawa bendera tingkat nasional di Jakarta,” harapnya.

Penulis: La Ode Muh. Abiddin