Empat Tahun Tinggal Diatas Perahu, Kakek Hasmin Mulai Sakit-Sakitan

348
Personil Polsek Wolio Aipda Roni Atna SH bersama Babinsa Nganganaumala Serda Haerudin serta Kasi Trantib Kelurahan Nganganaumala saat mengunjungi si "Manusia Perahu". (Dok suryametro.id)

BAUBAU, suryametro.id – Empat tahun tinggal diatas perahu tepatnya di bawah jembatan gantung di lingkungan Wunta, Kelurahan Nganganaumala, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kakek Hasmin (60) si manusia perahu asal Kabupaten Muna mulai mengalami sakit-sakitan.

Sebelumnya, Hasmin sejak empat tahun lalu tinggal diatas rakit perahunya yang berada dibawah kolong jembatan gantung, hal ini dilakukan karena si Kakek tidak memiliki tempat tinggal ataupun rumah. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia harus mencari ikan untuk selanjutnya dijual ataupun dimakan sendiri.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Nganganaumala Aipda Roni Atna yang ditemui menyampaikan, sebagai bentuk kepedulian, ia bersama Babinsa Nganganaumala Serda Haerudin dan Kasi Trantib Kelurahan Nganganaumala menyambangi si Kakek.

“Kondisinya sudah sakit-sakitan sejak lama. Dia juga menceritakan, istri dan anak Kakek Hasmin saat ini tinggal di Kabupaten Muna,” jelasnya.

Aipda Roni yang merupakan anggota Polsek Wolio itu juga menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Sosial Kota Baubau untuk selanjutnya dilakukan pendataan. Selain itu, pihaknya mencari pihak keluarga Hasmin untuk nantinya diajak tinggal bersama keluarganya kembali.

“Kami berharap ada pihak keluarganya yang datang menjemput untuk di ajak pulang,” harapnya.

Informasi yang dihimpun, Kakek Hasmin si manusia perahu juga kerap mendapatkan bantuan ala kadarnya dari masyrakat yang peduli.

Reporter: Putra
Editor: La Ode Muh. Abiddin