Erick Thohir: Pemerintah Belum Berencana Naikkan Harga Pertalite

11
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah belum akan menaikkan harga BBM Pertalite dalam waktu dekat. Ilustrasi. (Antara/Zabur Karuru).

JAKARTA, suryametro.id – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pemerintah belum memiliki rencana menaikkan harga BBM jenis Pertalite di tengah lonjakan harga minyak mentah dunia beberapa waktu terakhir.

“Harga Pertalite sekarang berada di harga Rp7.650, belum ada rencana pemerintah melakukan (penyesuaian),” ungkap Erick, dikutip dari Antara, Kamis (19/5/2022).

Erick menjelaskan harga BBM di luar negeri cukup beragam. Beberapa negara menjual Rp50 ribu per liter atau Rp60 ribu per liter.

Di Indonesia sendiri, baru BBM jenis Pertamax yang naik dari sekitar Rp9.000 menjadi paling mahal Rp13 ribu per liter. Erick mengklaim harganya masih jauh lebih murah dibandingkan dengan negara lain.

“Saya sudah sampaikan tidak mungkin pemerintah dengan kondisi pangan dan energi seperti ini, pemerintah mendiamkan, tidak melakukan intervensi, tidak mungkin. Pemerintah pasti hadir,” jelas Erick.

Sebelumnya, Uni Eropa mempertimbangkan untuk melakukan embargo minyak mentah dari Rusia. Hal ini sebagai bentuk sanksi untuk negara beruang merah karena telah menginvasi Ukraina.

Namun, rencana Uni Eropa justru membuat harga minyak mentah dunia semakin mahal. Dengan demikian, biaya beban operasional PT Pertamina (Persero) untuk mengimpor minyak akan semakin tinggi dan subsidi pemerintah juga berpotensi meningkat.

Sumber: CNNIndonesia.com