Fanti Fridayanti, Wanita Hebat Negeri Khalifatul Khamis di VV Engage Fellows

240
Fanti Fridayanti (kiri) bersama jurnalis suryametro.id, Noviyanti. Foto: Doc. suryametro.id

“Alhamdulillah penuh syukur dan tentunya masih sangat tidak menyangka bisa berada diposisi saat ini. Dengan bekerja keras, ikhlas dan sabar untuk kebaikan bersama tanpa pamrih, yakin saja kita akan memetik hasil yang membanggakan dihari kemudian hari,” kata Fanti memberi motivasi.

Penulis: Noviyanti – suryametro.id

Ditengah sekian banyak cendekia perempuan di Kota Baubau, tidak banyak yang berhasil masuk dalam kategori wanita hebat di dunia. Namun dia, Fanti Fridayanti berhasil membuktikan diri sebagai cendekia hebat wanita dari Negeri Khalifatul Khamis.

Ibu rumah tangga itu, berhasil masuk dalam deretan wanita hebat di VV Engage Fellows periode 2020-2021 bersama 35 perempuan dari beberapa Negara di belahan Dunia.

VV Engage adalah persekutuan khas Vital Voices, yang mendukung para pemimpin politik perempuan yang luar biasa dalam membuat dan mempengaruhi kebijakan di seluruh dunia.

Ibu Fanti, begitulah sapaan akrabnya, dia adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) bertugas di Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebelumnya, ia pernah bertugas pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Baubau posisi Kepala Badan Divisi Sistem Informasi Gender dan Anak.

Kala itu, beliau menggagas lahirnya Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (SATGAS-PPA), dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat dalam memberikan pelayanan hukum pendampingan, konseling, pemulihan psikologis dan rehabilitasi sosial untuk perempuan dan anak-anak korban kekerasan di Kota Baubau.

Karena inovasi terbaiknya itu, dirinya berhasil mematahkan persepsi jika wanita lokal tidak mampu bersaing di kancah internasional.

Momen silaturahim pun tidak terlewatkan begitu saja tepatnya di hari Kamis (1/4/2021), wejangan sampai motivasi demi motivasi tersisip hangat yang terucap kata demi kata dari beliau, tak terasa waktu pun bergulir cepat.

Satu persatu pengalaman terurai rapi diutarakannya, mulai dari pengalaman kuliah hingga sampai dengan pengalaman di lapangan beliau.

Hingga kini, beliau (Ibu Fanti Frida Yanti), lebih berfokus dan memperdalam materi di bidang Penelitian Pembangunan Manusia dan Tata Pemerintahan.