Foto Bukber Protokoler Baubau Viral, Berikut Penjelasan Diskominfo

874
Terlihat sejumlah Protokoler Baubau saat foto bersama di acara buka puasa bersama. (Foto: Ist)

BAUBAU, suryametro.id – Beredar di dunia maya foto protokoler Kota Baubau, yang diduga mengadakan buka bersama (Bukber) mendapat respon dari pihak pemerintah, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Baubau.

Plt Kadis Kominfo Baubau, La Ode Darussalam mengatakan, foto tersebut bukanlah acara buka puasa bersama yang sengaja dilakukan oleh tim protokoler Kota Baubau. Melaikan, foto itu diambil usai tim protokoler mengawal kegiatan pimpinan, yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Jumat (7/5/2021) lalu

Dikatakan, karena dalam dikegiatan itu tidak menyediakan buka puasa, dan waktu untuk berbuka sudah dekat, sehingga tim protokoler memutuskan untuk berbuka puasa di Hotel Zenith.

“Karena acaranya pada saat itu berakhir menjelang buka puasa, sehingga tim protokoler memutusklan untuk berbuka puasa di Hotel Zenith. Karena untuk pulang di rumah sudah tidak bisa lagi,” ucapnya saat dihubungi suryametro.id, Minggu (9/5/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, foto tersebut diambil usai menyantap makanan, sehingga saat itu tidak menggunakan masker. Itupun waktunya tidak lama, karena setelah itu tim protokoler langsung membubarkan diri.

“Jadi sesungguhnya, saat itu tim protokoler kota baubau tetap menerapkan prtokol kesehatan,” jelasnya.

Pria yang mejabat sebagai Kadispora Kota Baubau ini menambahkan, dari pihak Hotel Zenith telah menerapkan peraturan protokol kesehatan yang ketat, kepada setiap tamu maupun dalam melaksanakan kegiatan di hotel tersebut.

Terkait komentarnya di Facebook saat itu, ia menuturkan, tidak ada maksud lain. Hanya saja, ia ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa siapapun dan pihak manapun, ketika terjadi pelanggaran harus disampaikan.

“Itu memang sebagai tugas kita untuk mengingatkan, tidak karena dia dilingkup pemerintah, kemudian tidak kami perhatikan,” ucapnya.

“Jadi koment saya itu, hanya memberikan sugesti kepada masyarakat, bahwa dari kominfo maupun saya pribadi tidak ingin memilah-milah dalam berkomentar, ketika itu tidak bagus, harus dikatakan tidak bagus,” tambahnya.

Namun dalam komentarnya tersebut, ia juga merasa bersalah, karena sebelum berkomentar, ia belum melakukan konfirmasi langsung terhadap pihak protokoler terkait foto tersebut.

“Saya sebagai Kadispora dan Plt Kadis Kominfo, mengucapkan permohonan maaf kepada tim protokoler Kota Baubau,” tutupnya.

Penulis : La Ode Muh. Abiddin