Gempa Tektonik 2,7 Magnitudo Guncang Kota Baubau

1084
Gempa tektonik 2,7 Magnitudo guncang Kota Baubau. Foto: Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryamerto.id – Gempa tektonik terjadi di Kota Baubau pagi tadi sekitar pukul 09.25 Wita. Gempa yang berkekuatan 2,7 Magnitudo terjadi pada titik koordinat 5.44 LS, 122.62 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 2.6 Kilometer (KM) timur laut Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada kedalaman 8 KM.

Berdasarkan data rilis resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Kendari, menjelaskan jika gempa yang baru saja terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Buton segmen B di Kota Baubau.

Meski dalam skala kecil, berdasarkan pada peta tingkat guncang (Shakemap), namun sejumlah warga dekat titik gempa cukup merasakan getarannya. Namun demikian, belum ada laporan langsung dari lokasi titik gempa terkait kerusakan yang terjadi.

Pasca gempa pagi tadi, belum ada indikasi bakal terjadi gempa susulan. Masyarakat juga diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu liar yang berkembang pasca gempa tersebut.

“Masyarakat juga diminta menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” kata Rudin, kepala stasiun Geofisika Kendari dalam rilis resminya.

Reporter: Novi
Editor: Adhil