Gempar, Giat UMU Buton Pamerkan Kreativitas Generasi Muda

257
Suasana Pembukaan kegiatan Pentas Gempar UMU Buton. (Foto: La Ode Muh. Abiddin)

BAUBAU, suryametro.id – Dalam meningkatkan kapasitas generasi muda, Universitas Muslim (UMU) Buton menggelar Peningkatan Kapasitas Generasi Muda Peduli dan Berkarya (Pentas Gempar) dengan berbagai rangkaian lomba yang akan dilaksanakan mulai 30 Maret – 3 April 2021 mendatang. Giat ini pula didukung oleh Metro Entertaint, Bank Sinarmas dan media pathner suryametro.id.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Dhira Adiyatma Jaya mengatakan, kegiatan ini bertujuan menciptakan pemuda ataupun pelajar yang kreatif, inovatif, berakhlakul karimah, tangguh, dan cermat, sehingga mampu berinteraksi dengan orang lain serta berperan bagi masyarakat.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi, pengalaman kepada pemuda dan pelajar, agar mampu membuka usaha sendiri, yang kemudian menciptakan sebuah produk lebih percaya diri dalam dunia bisnis maupun wirausaha, serta memberikan bekal kepada pemuda dan pelajar dalam meperoleh usaha di dunia bisnis.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Arif Budianto Gafur, selain meningkatkan kapasitas pemuda atau pelajar, kegiatan ini diselenggarahkan untuk menyambut bulan suci ramadhan, sehingga ada beberapa lomba Islami.

Karena masih di masa pandemi Covid-19, ia berpesan agar panitia penyelenggara serta peserta dalam lomba tersebut, dalam mengikuti kegiatan lomba harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pihak UMU Buton bersama Kadispora Kota Baubau beserta pihak Metro Entertaint, Bank Sinarmas dan media suryametro.id. (Foto: La Ode Muh. Abiddin)

“Sebenarnya banyak program luar biasa yang akan kami lakukan, tetapi terkendala Covid-19, maka banyak program yang belum terlaksana. Namun kali ini, kami
bisa membuat kegiatan dengan harus mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, La Ode Darussalam yang membuka kegiatan tersebut, sangat mengapresiasi panitia yang telah meyelenggarahkan kegiatan Pentas Gempar dengan sangat baik dan juga semua pihak yang telah mendukung. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, dapat mengenalkan UMU Buton kepada masyarakat Kota Baubau.

Ia berharap, UMU Buton dapat menajlin kerjasama dengan Dispora Kota Baubau, sebab Senat ataupun Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang ada di lingkungan kampus bisa bermitra dengan Dispora Baubau, karena masih dalam usia 16-30 Tahun.

“Kedepannya kerjasama ini akan terus kita kembangkan, sehingga UMU Buton ini mempuyai program yang bisa bekerjasama dengan Dispora Baubau,” ucapnya.

Ia menginginkan di era pandemi Covid-19, masyarakat tidak hanya berdiam diri. Silahkan melakukan aktivitas , dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Mari kita sama-sama berdoa, agar pandemi ini cepat berakhir dan aktivitas dario kemahasiswaan kita berjalan dengan normal,” pungkasnya.

Berikut, lomba dan kategori dalam giat tersebut:

1. Lomba Pameran UMKM dengan kategori, Mahasiswa dan Umum
2. Lomba Tilawah dengan kategori, SD, SMP, dan SMA
3. Lomba Hafalan Surat Pendek dengan kategori, SD
4. Lomba Kultum dengan kategori, SMA dan Mahasiswa
5. Lomba Adzan dengan kategori, SD dan SMP
6. Lomba Pidato dengan kategori, SMA dan Mahasiwa
7. Lomba Puisi dengan kategori, SMA dan Mahasiswa
8. Lomba Menggambar dengan kategori, usia 4-10 Tahun
9. Lomba Mewarnai dengan kategori, usia 4-7 Tahun
10. Acara Musik akustik.

Penulis: La Ode Muh. Abiddin