Gowes Merah Putih Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Baubau

31
Sekda Baubau Roni Muhtar, saat melepas peserta Gowes Merah Putih di pelataran Kantor Dispora Baubau. (Foto: Diskominfo Baubau/Samsudin)

BAUBAU, suryamerto.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengadakan kegiatan Gowes Merah Putih.

Mewakili Wali Kota Baubau, Sekretaris Daerah (Sekda) Roni Muhtar, melepas peserta Gowes Merah Putih di pelataran Kantor Dispora Kota Baubau, Ahad (22/8/2021).

Roni Muhtar mengatakan, Wali Kota Baubau sangat mengapresiasi inisiatif Dispora mengadakan kegiatan tersebut. “Makanya saya diminta untuk melepas kegiatan hari ini, karena Wali Kota mendukung penuh kegiatan ini,” tuturnya.

Dikatakan, Pemkot Baubau dalam visi misinya, AS Tamrin bersemangat menjadikan Baubau sebagai Kota yang Maju Sejahtera dan Berbudaya. Dalam rangka mewujudkan itu, tentu semua komunitas diberikan ruang untuk berpartisipasi, sehingga apa yang menjadi visi itu bisa terwujud.

“Salah satunya komunitas pesepeda hari ini. Dalam rangka menjadikan Baubau sebagai kota yang maju, Pemkot melakukan kegiatan ini karena paham bahwa masyarakatnya mencintai olahraga,” kata Roni Muhtar, dikutip dari laman FB Pemkot Baubau.

Saat ia didaulat sebagai Ketua Komunitas Pesepeda Baubau. Roni Muhtar, nyatakan diri siap jadi ketua komunitas. “Saya nyatakan diri siap menjadi ketua, mulai hari ini. Semoga kita bisa bekerjasama dengan baik untuk membangun Kota Baubau yang maju dan hebat, serta Baubau yang luar biasa,” terangnya.

Disisi lain, Kadispora Kota Baubau, La Ode Darusalam menambahkan, Gowes Merdeka dan Gowes Merah Putih dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 76. Hal itu untuk meningkatkan kualitas kesehatan di masa pandemi COVID-19. Pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak serta masing-masing membawa hand sanitizer.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut masih berkaitan dengan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra yang rencana dilaksanakan di Baubau sebagai tuan rumah bersama dengan Pemkab Buton.

“Ini memang kali pertama dilaksanakan. Tapi antusias komunitas yang turut serta cukup banyak, kira-kira hampir 100 orang. Bahkan ada sebagian anak-anak,” kata La Ode Darusalam.

Ia menuturkan, Gowes Merah Putih sangat penting dilaksanakan untuk memasyarakatkan olahraga bersepeda, agar olahraga tersebut semakin dicintai masyarakat.

“Diakhir kegiatan peserta dibagikan sejumlah bingkisan hadiah yang jatuh nomor undiannya. Kami menggandeng beberapa BUMN dan perusahaan swasta dalam pemberian hadiah. Dispora menyiapkan Rp 20 Jutaan diluar hadiah dari BUMN dan perusahaan swasta,” tutupnya.

Editor : La Ode Muh. Abiddin