Hak Veto HMI, Musda KNPI Untuk Alumni Kelompok Cipayung

177
Rahmat Z Udu, Ketua HMI Cabang Baubau Periode 2021-2022 Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), merupakan organisasi kepemudaan yang awalanya merupakan gabungan dari kelompok Cipayung.

Organisasi KNPI lahir pada tanggal 23 Juli 1973 melalui Deklarasi Pemuda Indonesia dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Dengan demikian KNPI sudah mencapi usia 48 tahun pada tanggal 23 Juli 2021 kemarin. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bagian dari pada kelompok Cipayung yang ikut serta mendeklarasikan organisasi KNPI. Cipayung adalah organisasi yang menjadi motor penggerak dan atau sebagai embrio berdirinya KNPI. Kendati tidak dapat dipungkiri, Cipayung memiliki investasi besar terhadap KNPI.

Sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Baubau Periode 2021-2022 Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP), Rahmat Z Udu berharap besar pada Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kota Baubau dapat melahirkan tokoh keluarga besar dari Alumni Cipayung untuk menahkodai DPD KNPI Kota Baubau.

Situasi KNPI saat ini dalam keadaan tidak baik-baik saja dari tingkatan DPP, wilayah sampai pada daerah mengalami pembelahan. Maka perlunya secara moral KNPI harus dikembalikan pada rahimnya. Namun itu tidak menutup ruang bagi pemuda-pemuda dari luar kelompok Cipayung. Hanya saja, kondisi KNPI saat ini membutuhkan suplemen alumni Cipayung.

“Saya punya keyakinan tersendiri, jikalau KNPI Kota Baubau dipimpin oleh tokoh Alumni Cipayung akan mampu merubah situasi yang membaik. Bukan tanpa alasan, alumni kelompok Cipayung dapat memberikan penawar “racun” yang menggerogoti KNPI di Kota Baubau, saya meyakini pasti ada problem solving dari pada rumusan masalah yang ada di KNPI. Sebab soal-soal seperti ini, bagian dari pada kebiasaan yang selalu dihadapi oleh mantan aktivis-aktivis dari kelompok Cipayung,” kata Rahmat Z Udu, Minggu (25/07/2021).

“Saya juga berharap, kepada OKP Cipayung Plus dan seluruh alumni kelompok Cipayung segera mengkonsolidasikan dan menyatu mendorong kadernya untuk bertarung di Musda KNPI Kota Baubau dari versi manapapun. Dan saya pun berharap, kepada Pemerintah Kota Baubau, jangan pernah terlibat diruang yang bukan porsinya. Ini ruang pemuda, biarkan pemuda berdinamika. Pemerintah cukup tenang menunggu hasil,” tambahnya menutup.

Editor: Adhil