Haroana Andala, Ucapan Syukur Nelayan Baubau di Kelurahan Bone-Bone

189
Haroana Andala, Ucapan Syukur Nelayan Baubau di Kelurahan Bone-Bone. (Foto: Novi)

BAUBAU, suryametro.id – Warga di pesisir Kelurahan Bone-Bone, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar ritual budaya Haroana Andala, Kamis (21/10/2021).

Ritual yang digelar secara rutin setiap tahunnya ini, merupakan bentuk syukur masyarakat nelayan dikawasan Bone-Bone atas nikmat tuhan akan kekayaan laut.

Mewakili Walikota Baubau, Sekretaris Daerah Kota Baubau Roni Muhtar, mengapresiasi peran dan upaya dari masyarakat Bone-Bone yang masih terus melakukan acara ritula Haroana Andala. Dan sebagai pemerintah, dukungan akan terus diberikan agar tetap lestari seluruh tradisi yang telah diwariskan sejak masa lampau.

“Saya sangat mengapresiasi hal ini. Saya juga sangat berterimakasih masih adanya peran dan upaya dari masyarakat Bone-Bone yang masih terus melakukan acara ritual seperti ini. Saya kira, ini satu hal yang positif,” ungkapnya.

“Saya kira semua yang positif pemerintah akan mendukung dan berperan membantu pelaksanaannya, mulai dari pihak kecamatan, kelurahan dan masyarakat. Kita wajib saling mendukung untuk melestarikan budaya,” tuturnya.

Lurah Bone-Bone, Muhammad Firman juga berharap kegiatan ritual ini juga dapat dikemas lebih meriah dan akan lebih meriah lagi dipelaksanaan selanjutnya.

“Jadi kami dari pemerintah kelurahan dan masyarakat Baubau, tidak bisa pungkiri mungkin kegiatan ini masih terlalu sederhana dan banyak kekurangan. Untuk itu kedepannya, kita akan kemas lebih baik lagi, tentunya dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang ada dalam ritual Haroana Andala,” kata Firman.

Reporter: Novi
Editor: Adhi