HUT RI ke 76, La Bakry Harap Masyrakat Buton Berjuang Memutus Matarantai Penyebaran Covid-19

12
Bupati Buton, Drs La Bakry MSi saat menghadiri rapat paripurna DPRD - Doc: Kominfo Buton

BUTON, suryametro.id – Dimoment Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76, Bupati Buton Drs La Bakry MSi berharap kepada masyarakat, untuk berjuang bersama-sama memutus matarantai penyebaran virus covid-19.

Hal itu disampaikan, saat bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Buton menghadiri sidang rapat paripurna di DPRD, dalam rangka mendengarkan pidato Bupati Buton dalam menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76, Senin (16/8/2021)

Di hadapan pimpinan dan anggota dewan, Bupati Buton mengatakan, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI telah menjadi tradisi yang baik bagi Bangsa Indonesia untuk senantiasa diperingati setiap tahunnya, sebagai manifestasi bagi sebuah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya.

Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan, memiliki makna yang begitu luas, bukan saja dilihat dari sisi historis yang merupakan napak tilas perjuangan dalam merebut bagaimana kemerdekaan, konsekuensi akan dari tetapi sebuah kemerdekaan tersebut, untuk menentukan keberhasilan Indonesia di masa-masa yang akan datang apalagi saat ini bangsa sedang diuji dengan penyebaran covid-19.

Makna kemerdekaan bagi bangsa indonesia sesungguhnya adalah, sebuah pintu gerbang dalam menyongsong masa depan yang lebih baik sebagaimana cita cita Proklamasi 17 Agustus 1945, yang tertuang dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdasjan kehidupan bangsa.

“Tugas kita hari ini, sebagai generasi penerus cita-cita proklamasi, generasi penerus para pemimpin masa lalu, terus bekerja keras, berinovasi, berprestasi dan menciptakan kreatifitas untuk mengisi kemerdekaan ini dengan karya yang positif, dengan melakukan pembangunan dalam rangks mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” ungkap La Bakry.

Lanjutnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM), harus dilakukan tidak terkecuali, dengan telah memberlakukan perpanjangan PPKM berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19, untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan covid-19.

“Inilah satu bentuk perjuangan kita saat ini, dalam memutuskan matarantai penyebaran covid 19,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Buton itu, juga mengajak masyarakat agar bahu membahu dalam bekerja sama, dalam menghadapi kondisi negeri dan daerah terutama akibat dampak Covid-19.

“Kita pun harus tangguh, semangat pantang menyerah dan terus maju bersama dan optimis dalam menempuh jalan penuh tantanganbdengan jiwa nasionalisme dan patriotismebdemi mencapai masa depan yang lebih baik,” jelasnya.

Kemudian, mengingat pertumbuhan ekonomi sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatakan pendapatan dan pengurangan kesenjangan antar daerah, maka pemerintah daerah telah berupaya dalam pengembangan salah satu potensi sumber daya alam Aspal Buton, yang merupakan salah satu lokomotif pergerakan pertumbuhan perekonomian di daerah bahkan bisa memberi kontribusi besar bagi penghematan devisa negara dalam pemanfaatan sumber daya alam.

Harapannya, dukungan dari Pemerintah Propinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan juga pemerintah pusat, agar pemanfaatanan Aspal Buton menjadi kebijakan nasional, menigngat Aspal Buton merupakan sumber daya alam yang menjadi primadona di negeri sendiri dan merupakan salah satu langkah strategis dalam mendorong perekonomian daerah.

“Terima kasih juga kami sampaikan atas dedikasi dan kerja keras semua stakeholder, karena sampai sekarang ini masih berjuang dalam upaya penanganan dan pencegahan Penyebaran covid-19,” tuturnya.

Selain itu, La Bakry juga mengajak seluruh element masyarakan di Kabupaten Buton, untuk menyukseskan seluruh program pembangunan, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengisi kemersekaan dengan dibentengi nilai nilai persatuan dan kesatuan .

“Jangan lupa dan tetap waspada dan senantiasa selalu mematuhi protokol kesehatan dan selalu berdoa dan beriktiar agar pandemi segera berlalu,” tutupnya.(Adm)