Iis Elianti Paparkan Potensi Pariwisata Buton Dihadapan Mentri

22
Wakil Bupati Buton Iis Elianti, menyerahkan cinderamata kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno - Doc: Dinas Pariwisata Buton

BUTON, suryametro.id – Dalam mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Wakil Bupati Buton Iis Elianti, menyampaikan seluruh potensi pariwisata dan pembangunan destinasi pariwisata yang ada di Kabpaten Buton, dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno.

Hal tersebut disampaikan, saat Iis Elianti mengikuti audiensi bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulalawesi Tenggara (Sultra) dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi pengembangan kepariwisataan Sultra, di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Senin (7/6/2021)

Pembangunan destinasi pariwisata yang ada di Buton, juga merupakan pendukung dan penyanggah utama KSPN Wakatobi. Terlebih daerah eks Kesultanan Buton ini menjadi jalur atau pintu masuk menuju Wakatobi.

“Buton punya karaterististik yang sama dengan Wakatobi dan Buton adalah induk dari semua daerah yg mekar di Kepulauan Buton,” ungkap Iis Elianti, Wakil Bupati Buton.

Kemudian, Buton mempunyai potensi yang sama dengan Wakatobi, termasuk potensi bawah laut dengan spesies ikan yang endemik dan memiliki kekhasan flora dan fauna di Hutan Lambusango. Selain itu, di Kabupaten Buton juga, terdapat destinasi wisata di Kecamatan Wabula.

“Disamping potensi wisata pantai, alam, sejarah, dan budaya yang kental, juga sebagai desa yang mayoritas perempuannya menenun,” jelasnya.

Selain itu, pemanfaatan aspal buton yang menjadi skala nasional, juga sebagai peluang wisata edukasi. Apalagi, Kabupaten Buton sebagai daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia.

“Pak menteri juga telah mengatakan, pariwisata juga akan mendukung program menjadikan aspal buton sebagai prioritas nasional,” tuturnya.

Lanjutnya, pada dasarnya pariwisata tidak lepas dari aksesbilitas menuju lokasi pariwisata itu sendiri, sehingga pariwisata juga berperan mendukung program aspal buton sebagai prioritas nasional.

“Kita berharap, pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf, dapat mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Buton ke depan,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor dua di Buton menyerahkan cinderamata dari Pemerintah Kabupaten Buton kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang dihadiri Asisten I Sekda Provinsi Sultra Drs Basiran MSi, para kepala daerah se-Sultra atau yang mewakili, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Rusdi Nudi dan kepala Dinas Pariwisata daerah lainnya.

Cinderamata yang diserahkan, berupa plakat yang menggambarkan salah satu pengrajin tenun khas Buton. Wakil Bupati Buton juga, didaulat oleh Menteri Parekraf untuk membacakan pantun yang beliau tulis tentang Buton dan Aspal. Pantun tersebut dibacakan di forum Audiensi dan langsung mencairkan suasana.(Adm)