Istri Monianse Tinjau Lokasi Pembangunan Lapak Pedagang Kuliner di Waruruma

122 views
Ketua Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Lapak Pedagang Kuliner di Waruruma, Kecamatan Kokalukuna. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse meninjau lokasi rencana pembangunan lapak pedagang kuliner di area wisata air terjun tirta rimba, di Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna, Selasa (01/03/2022).

Dalam peninjauan, istri Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse itu, turut serta didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Baubau, H La Ode Ali Hasan serta Camat Kokalukuna, Muslidin.

Dalam kesempatan itu, Nursanti mengungkapkan, melalui Dekranasda dan Disperindag telah membuat kemitraan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (BPD Sultra).

Bentuk kemitraan yang dibangun tersebut adalah dengan membuat lapak untuk para pedagang, khususnya pedagang makanan dan jajanan tradisional yang ada di area permandian Air Terjun Tirta Rimba yang ada di Kecamatan Kokalukuna.

“Mengapa kita memilih disana, karena memang letaknya sangat strategis, hanya memang bangunannya masih terlihat kumuh, sementara posisinya ada didalam kota. Maka kami dari Dekranasda bekerja sama dengan Dinas Perindag, memfasilitasi untuk meminta kepada pihak BPD Sultra agar dibuatkan lapak yang baru,” ujarnya.

Untuk pembangunan lapak tersebut, rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat setelah proses pengurusan administrasinya selesai. Selain itu, Dekranasda bersama Dinas Perindag akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan terlebih dahulu, mengingat area tersebut masih dalam kawasan hutan konservasi.

“Jadi kemungkinan dalam waktu dekat kami bersama Dinas Perindag akan mengadakan pertemuan terlebih dulu dengan Dinas terkait, untuk membahas tentang bangunan ini tadi. Dan saya kira, bangunannya juga tidak bersifat permanen. Ketika sewaktu-waktu area itu akan digunakan oleh pemerintah, mungkin bangunannya bisa dibongkar dan dipindahkan ke tempat lain,” pungkasnya.

Editor: Adhil