Jelang Ramadhan, Pramuka Baubau Baksos di Islamic Center

49
Jelang Ramadhan, Pramuka Baubau Baksos di Islamic Center. (Foto: Diskominfo Baubau)

BAUBAU, suryametro.id – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Baubau, menggelar Bakti Sosial (Baksos) di kawasan Masjid Islamic Center, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Minggu, (11/4/2021).

Ketua Kwarcab Kota Babau, Roni Muhtar menjelaskan, baksos yang digelar di kawasan masjid Islamic Centre merupakan bukti bila Pramuka Kota Baubau, dalam rangka mewujudkan suasana yang lebih baik dalam menghadapi bulan suci ramadhan tahun 2021.

Menurutnya, pada bulan suci ramadhan ini semua masyarakat akan tetap melaksanakan ibadah shalat tarwih secara berjamaah. Namun demikian, meski pemerintah telah memberikan ruang untuk melaksanakan shalat tarwih di masjid-masjid, masyarakat tetap diharapkan menerapkan protokol kesehatan.

“Di setiap masjid dihimbau menyiapkan alat cuci tangan atau kalau tidak masing-masing yang mau beribadah membawa hand sanitizer ke masjid dan beberapa hal lainnya yang penting, untuk terus terapkan di diri masing-masing sehingga sambil beribadah juga terbebaskan dari serangan virus covid-19. Karena virus covid-19 masih ada jangan terlena,” imbaunya.

Roni Muhtar menuturkan, terkait pola pembinaan pramuka di Kota Baubau, ia mengakui dalam rapat kerja beberapa waktu lalu telah bersepakat konsentrasi pembinaan pramuka adalah membangun kader Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di Baubau.

Dikarenakan kader itu ada di lembaga sekolah, sehingga otomatis Kwracab Baubau melibatkan gugus depan yang berpangkalan di sekolah pada kegiatan Baksos di Islamic Center, yang berperan adalah kader yang ada di sekolah-sekolah sebab Pramuka Kwarcab Baubau sudah menghimbau untuk berpartisipasi.

“Dan ini kalau terus dilakukan akan muncul kesadaran mereka baik sebagai umat islam, maupun sebagai warga masyarakat bahwa peran mereka sangat strategis dalam kaitan dengan bagaimana menjadikan Baubau sebagai kota yang maju, sejahtera dan berbudaya,” pungkasnya.

Dalam Baksos itu, Ketua Kwarcab Kota Baubau didampingi beberapa pejabat Pemkot Baubau yang masuk dalam jajaran kepengurusan Kwarcab Pramuka Kota Baubau juga turut ambil bagian dalam baksos ini.

Reporter : Novi
Editor : La Ode Muh. Abiddin