Jokowi: Membangun Indonesia tak Cukup Pulau Jawa

11
Presiden Joko Widodo. Jokowi mengingatkan bahwa membangun Indonesia harus merata dari Sabang sampai Merauke. (antara foto/agus suparto)

JAKARTA, suryametro.id – Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan Indonesia tak bisa hanya difokuskan di Pulau Jawa. Dia berpendapat pembangunan harus dilakukan secara merata hingga tempat-tempat terisolasi.

Jokowi menyampaikan tidak boleh ada satu pun yang tertinggal dalam pembangunan. Ia ingin setiap warga mendapat pelayanan yang setara dalam pembangunan.

“Membangun Indonesia tidak bisa hanya membangun Jawa. Membangun Indonesia adalah membangun seluruh Tanah Air Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Jokowi dalam peringatan hari ulang tahun ke-17 DPD RI, Jumat (1/10/2021).

Jokowi berkata negara harus memberi pelayanan, akses pendidikan, akses kesehatan, dan pekerjaan yang layak bagi seluruh masyarakat. Menurutnya, hak-hak itu harus diberikan tanpa pengecualian.

Mantan Wali Kota Solo itu mengajak DPD RI dalam memperbaiki pelayanan kepada setiap warga negara. Ia percaya DPD punya posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya mengajak DPD RI dan lembaga-lembaga lainnya untuk terus meningkatkan eksistensinya. Harapan dan ekspektasi masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air semakin tinggi, ini membutuhkan respons kelembagaan yang cepat,” ujar Jokowi.

Jokowi menilai DPD bisa mendorong pemerintah daerah untuk bekerja lebih baik dalam memberi pelayanan. Ia meminta DPD menyokong pelayanan pemerintah daerah yang lebih inovatif.

“Sehingga mampu memberikan pelayanan yang inklusif untuk mempercepat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia,” ucapnya.

(cnnindonesia.com)