Kadikbud Sultra Masuk Tim Penyusun Policy Brief Tingkat Nasional

37
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio - IST

KENDARI, suryametro.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio terpilih masuk kedalam tim penyusunan policy brief dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021.

Penunjukan tersebut tertuang pada Surat Keputusan Kepala Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP), nomor : 2534/PLB.1.2/PDB.07.1 yang ditandatangani Kepala Puslatbang KMP Lembangga Administrasi Negara (Lan) Dr Andi Taufik MSi.

Terdapat sembilan tim penyusunan policy brief dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021, yaitu Kadikbud Sultra Asrun Lio, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel Andi Mirna, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Luwu Sofyan Thamrin.

Kemudian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala Hermanto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Armin,
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Kabupaten Luwu Achmad Awwabin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Syusanty A Mansyur,
Inspektur Daerah Kabupaten Maros Agustamdan dan Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Barru A Rusman Rustam.

Melalui rilis Dinas Kominfo Sultra, Andi Taufik mengatakan, tim yang terpilih tersebut dianggap mampu melaksanakan dan menyelesaikan tugas penyusunan policy brief dalam jangka waktu tiga hari.

Policy brief ini tentu akan memuat hasil visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021, yang berpusat di salah satu daerah pemerintahan di Provinsi Sulawesi Selatan, yang selanjutnya nanti akan disampaikan kepada pemerintah daerah terkait lokus Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) dan LAN.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada tim penyusun policy brief Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2021, yang akan menyusun policy brief berisi tentang rekomendasi bagi masing-masing lokus yang dikunjungi untuk perbaikan,” jelasnya.

Harapannya, buku yang akan terbit tersebut dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, bukan hanya bagi peserta pelatihan, tetapi juga para pemimpin di negeri ini. Serta, menjadi inspirasi bagi pengambil kebijakan, dalam mendorong inovasi di sektor publik.

Sementara itu, Kadikbud Sultra, Asrun Lio mengungkapkan rasa bangga dan atensi tinggi karena terpilih serta dipercaya masuk kedalam tim tersebut, guna melakukan penyusunan juga penyelesaian policy brief sebagai bagian dari tugas pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021.

“Kita dipercayakan menjadi analis kebijakan terhadap kebijakan publik yang terjadi, serta memberikan rekomendasi terhadap fenomena di lapangan.

Lanjutnya, hasil analisis selanjutnya akan diabadikan melalui sebuah buku, yang tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan birokrasi yang sehat serta bagi pembangunan daerah di Indonesia.(Adm)