Kapal Rute Sikeli-Kasipute Terbakar Ditengah Laut

108
Kapal Rute Sikeli-Kasipute Terbakar Ditengah Laut. (Foto: Istimewa)

BOMBANA, suryametro.id – Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang yang memuat penumpang dengan route Sikeli – Kasipute, terbakar di Perairan Dusun Tanjung, Desa Mapila, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra).

KM Bukit Sumber Poleang memuat 29 orang penumpang dan 5 orang anak buah kapal (ABK). Peristiwa tersebut terjadi, Senin (16/8/2021).

Dalam rilisnya, Humas Sar Kendari menjelaskan, awalnya pada pukul 11.00 Wita, KM Bukit Sumber Poleang akan bertolak dari Pelabuhan Sikeli menuju Pelabuhan Kassipute, Kabupaten Bombana, Sultra.

Pada pukul 12.00 WITA, Koki kapal Rustam (50) melihat api pada bagian belakang dan api langsung membesar. Kemudian Rustam berteriak bahwa ada api, dan ABK lainnya langsung membagikan pelampung kepada seluruh penumpang. Setelah itu, seluruh penumpang langsung melompat ke laut untuk menyelematkan diri, karena api makin membesar dan sudah membakar sebagian badan kapal.

Melihat peristiwa tersebut, masyarakat Dusun Tanjung, Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, dengan cepat mengambil perahu dan menuju kelokasi terbakarnya kapal, untuk membantu mengevakuasi penumpang dan ABK kapal.

Setelah dievakuasi, para penumpang dan ABK di data dan dipastikan kondisinya semua dalam keadaan sehat.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan belum dipastikan kerugian yang diperoleh, namun dua unit sepeda motor milik ABK ikut terbakar dalam peristiwa itu.

Untuk penyebab kebakaran, masih dalam penyelidikan Polsek Kabaena. Pihak kepolisian juga telah membawa ABK untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Namun, dugaan sementara, api berasal dari kamar mesin.

Penulis : La Ode Muh. Abiddin