Kelurahan Sulaa Disiapkan Jadi Objek Wisata Tradisional

287
Wali Kota Baubau berkunjung langsung ke kampung tenun di Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari. Foto: Novi/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Wali Kota Baubau, AS Tamrin berkunjungan ke Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari. Kunjungannya tersebut untuk bertemu langsung pengrajin tentun didampingi Sekda Baubau Roni Muhtar serga sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kamis, 25 Februari 2021.

Dihadapan para pengrajin tentun, Pemerintah Kota Baubau melalui Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) bakal memfasilitasi dalam hal peningkatan hasil produksi tenun diantaranya memberikan pelatihan kepada para penenun untuk lebih profesional serta mampu menciptakan tenunan dengan kualitas tinggi.

Selain pemberina pelatihan, kelompok tenun juga bakal diberikan bantuan berupa alat tenun, benang serta perlengkapan tenun lainnya.

“Kelompok pengrajin tenun yang saat ini ada sembilan kelompok, rata-rata lima sampai sepuluh untuk satu kelompoknya. Dan itu kita akan perhatikan, apalagi kita inginkan di Sulaa ini bisa jadi salah satu objek wisata tradisional dengan ikon tenunnya,” kata AS Tamrin.

“Pemasaran hasil tentun juga bervariasi, ada yang membutuhkan lalu membeli langsung, ada juga melalui Dekranas dan ada juga dari Pemda langsung yang datang beli, serta ada juga yang pesan khusus untuk oleh-oleh. Yang pastinya, kualitas harus tetap terjaga dengan baik, jangan hanya asal buat yang penting jadi karena yang akan rasakan dampaknya para penenun itu sendiri,” tambahnya.

Diakhir penyampaiannya, AS Tamrin kembali mengiatkan dukungan serta peran serta masyarakat untuk menjaga dan melestarikan tenunan tradisional Buton. Dengan begitu, hasil penjualannya bisa meningkatkan sumber pendapatan masyarakat setempat.

“Yang pasti kami dari pemerintah akan terus membantu dan mendukung,” tutupnya.

Reporter: Novi
Editor: Adhil