Kemenag Konsel Persiapkan JCH untuk Manasik Mandiri

46
Kepala Kemenag Konsel, Drs. H. Joko M.Pd. (Foto: Udin/suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), kini tengah mempersiapkan sebanyak 74 Jamaah Calon Haji (JCH) wilayah itu, untuk menjalani manasik mandiri.

Hal tersebut dilaksanakan, untuk terus memantapkan persiapan. Sembari menunggu kepastian keberangkatan para tamu Allah itu akibat pandemi Covid-19.

Kepala Kemenag Konsel, Drs H Joko MPd saat dikonfirmasi diruangannya, (Rabu (3/3/2021) mengatakan, persiapan tetap dilakukan, sambil menunggu ketetapan pemerintah untuk membuka pelaksanaan ibadah haji di tahun ini. 

“Selama belum ada ketentuan dari pemerintah apakah batal atau tidak, maka seluruh proses persiapan tetap kami jalankan, tetap melaksanakan proses seperti biasa. Baik itu terkait dengan pendaftaran yang baru maupun pemberangkatan,” katanya.

Lanjutnya, adapun jenis persiapan itu diantranya, persiapan dokumen maupun kesehatan. Termasuk perpanjangan paspor atau pemeriksaan kesehatan, hingga kegiatan praktek peragaan manasik haji. 

“Untuk tetap menjaga kebugaran JCH. Kita sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, mereka ada pengukuran suhu tiap saat, juga tes kesehatan lainnya. Dan itu kita bagi per zona, karena daerah Konsel luas,” jelasnya.

Mantan kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra itu juga mengungkapkan, pada tanggal 26 Maret mendatang, pihaknya akan melaksanakan kegiatan manasik mandiri, yang akan digelar di tiga titik wilayah Konsel.

“Salah satunya di Kecamatan Tinanggea. Disamping itu, untuk daftar tunggu JCH di Kabupaten Konsel sudah mencapai 2.873 orang per tanggal 18 Februari, dan itu masih akan terus bertambah,” tandasnya.

Reporter: Udin
Editor: Herman Erlangga