Kepala Disdukcapil Butur Diduga Tipu Warga Hingga Ratusan Juta Rupiah

173
ILUSTRASI

BUTUR, suryametro.id – Kepala Dinas Kependudun dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buton Utara (Butur), Drs Asri MAp dilaporkan ke Polres Butur, Selasa (8/6/2021), atas dugaan tindak pidana penipuan

Kasat Reskrim Polres Butur, IPTU Narton melalui rilisnya mengatakan, terduga dilaporkan ke Polres Butur oleh dua korban inisial ZA dan LM, karena merasa ditipu oleh Kepala Disdukcapil, setelah meminjamkan uang hingga ratusan juta rupiah.

“Dua korban datang ke Polres Butur, untuk melaporkan Kepala Disdukcapil atas dugaan tindak pidana penipuan,” jelasnya.

Kronologisnya berawal dari, terlapor (Kepala Disdukcapil) mengajak korban inisial ZA untuk ikut bergabung suatu kegiatan penataan administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Butur, sehingga korban berminat dan menyerahkan uang sebesar Rp 200 juta.

Lanjutnya, apa bila kegiatan yang dijanjikan itu telah terselesaikan, terlapor akan mengembalikan uang korban pada tanggal 30 April 2021 lalu sebesar Rp 260 juta. Akan tetapi, kegiatan tersebut tidak pernah terlaksanakan.

“Sampai saat ini uang tersebut belum juga dikembalikan, sehingga korban merasa keberatan dan melaporkan kepada pihak kepolisian,” tuturnya.

Sementara, korban inisial LM juga diajak untuk ikut bergabung pada kegiatan tersebut. Dimana, korban meminjamkan uang kepada terlapor sebanyak Rp 170 juta dan dijanjikan akan dikembalikan 15 April 2021 sebesar Rp 231 juta.

“Kedua korban merasa tertipu, sehingga mereka melaporkan kepada pihak kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut,” tutupnya.(Adm)