Khusus Lebaran, Basarnas Kendari Siagakan 122 Personil

98 views
Kepala KKP Kendari Aris Sofingi, saat melepas personial untuk melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022/1443 Hijriah. Dok. Humas KKP Kendari

KENDARI, suryametro.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kendari, menggelar apel siaga SAR khusus lebaran tahun 2022/1443 Hijriah, di Pelataran KPP Kendari dan diikuti oleh seluruh personil Basarnas Kendari, Senin (25/4/2022).

Kegiatan siaga SAR khusus lebaran tahun 2022/1443 Hijriah kali ini berlangsung dari tanggal 25 April s/d 10 Mei 2022. Tujuan dari pelaksanaannya adalah agar terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan siaga SAR khusus dengan protokol kesehatan Covid-19, bekerjasama dengan kementrian/lembaga terkait dengan selamat dan aman.

Kepala KPP Kendari Aris Sofingi, dalam arahannya menyebutkan beberapa poin, pertama menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas, memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR dimana dan kapanpun dibutuhkan.

Kedua, kepada personil siaga SAR khusus lebaran tahun 2022, untuk menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh potensi SAR, menjaga kekompakan dilokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat korban bencana maupun kecelakaan.

“Dan ketiga yang tidak kalah pentingnya, saya mengingatkan agar seluruh personil siaga SAR khusus lebaran tahun 2022, harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas. Karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat,” kata Aris Sofingi.

Berikut rincian personil dan sarana serta lokasi siaga SAR khusus lebaran tahun 2022/1443 Hijriah:

Untuk KPP Kendari sendiri mempersiapkan personil sebanyak 122 org dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran ini dengan rincian pembagian personil sebagai berikut:

– Penanggung jawab 1 orang
– Koordinator Siaga 5 orang
– Rescuer KPP Kendari 30 orang
– Petugas Komunikasi 9 orang
– KN SAR Pacitan 13 orang
– RB 210 5 orang
– RB 307 6 orang
– Tenaga Pendukung ABK 19 orang
– Pos SAR Kolaka 5 orang
– Pos SAR Baubau 7 orang
– Pos SAR Wakatobi 10 orang
– Unit Siaga SAR Luwu Timur 4 orang
– Unit Siaga SAR Konawe Utara 4 orang
– Unit Siaga SAR Muna 4 orang

Sarana yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sarana Air
    – Perahu Karet 10 Unit
    – Jet Ski 2 Unit
    – RIB 4 Unit
    – Kapal 3 Unit
  2. Sarana Darat
    – Rescue Car 11 Unit
    – Ambulance 1 Unit
    – ATV 3 Unit
    – Rescue Trail 11 Unit
    – Truck Personil 6 Unit
    – Rescue Truck 1 Unit
    – Peralatan SAR Darat 4 Set

Lokasi Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022/1443 Hijriah:

  1. Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Wanci, Pelabuhan Wawonii, Pelabuhan Torobulu, Pelabuhan Murhum, Pelabuhan Raha, Pelabuhan Penyebrangan Kolaka-Bajoe
  2. Bandara Haluoleo, Bandara Betoambari, Bandara Matahora
  3. Tempat Wisata Kendari, Kolaka, Baubau, Wakatobi, Luwu Timur, Konawe Utara dan Muna
  4. Terminal Angkutan darat.
Penulis: La Ode Muh. Abiddin