Komaruddin Watubun Minta Calon Anggota KPU dan Bawaslu Bisa Mewakili Indonesia

223
Komaruddin Watubun Minta Calon Anggota KPU dan Bawaslu Bisa Mewakili Indonesia.

JAKARTA, suryametro.id – Komisi II DPR RI mengelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada Senin (14/2) hingga Rabu (16/2).

Anggota Komisi II DPR RI dari fraksi PDI-P, Komaruddin Watubun berharap, seluruh calon anggota komisioner KPU dan Bawaslu bisa mencerminkan Bhineka Tunggal Ika dan menggambarkan Indonesia Raya baik secara praktek maupun teori.

Politikus PDI-P itu menuturkan, sebelum pelaksanaan fit and proper test, Komisi II juga telah membuka kesemapatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan atau masukan melalui surat, telepon, hingga faksimile dan email.

Nantinya dari seluruh calon yang ada, akan menyisakan tujuh nama calon anggota KPU dan lima nama calon anggota Bawaslu yang terpilih. Dan nantinya seluruh yang terpilih, memiliki integritas yang tinggi dan kapabilitas yang mumpuni sebagai penyelenggara pemilu.

“Harus yang mewakili dari sabang sampai merauke dan benar-benar mewakili Indonesia,” kata Komaruddin saat menyampaikan pandangannya.

Berikut 14 calon anggota KPU RI yang mengikuti fit and proper test terdiri atas 10 lelaki dan empat perempuan. Mereka dalam urutan abjad adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochamad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yaty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sementara itu, 10 nama calon anggota Bawaslu terdiri dari tujuh lelaki dan tiga perempuan. Mereka adalah Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Malonga, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

Editor: Adhil