Konsel Dapat Kuota 2.400 Sertifikat PTSL dan 5.500 Redistribusi

70
Kepala kantor BPN Konsel, Laode Muh Ruslan Emba. (Foto: Udin/suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), tahun ini mendapatkan kuota sertifikat tanah yang terdiri atas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi, Kamis (28/1/2021).

Kepala kantor BPN Konsel, Laode Muh Ruslan Emba mengungkapkan kepada suryametro.id, kuota Konsel tahun ini untuk program sertifikat tanah tidak sebanyak dengan tahun sebelumnya. Dimana untuk PTSL berjumlah tujuh ribu, sementara Redistribusi sekitar lima ribu.

“Tahun ini agak turun. Untuk PTSL kuota Konsel berjumlah 2.400, sementara redistribusi mencapai 5.500,” rincinya.

Katanya lagi, pelaksanaan program untuk PTSL pada tahun sebelumnya mengalami perubahan di tahun ini. Yang mana tahun lalu, program PTSL pada saat dilakukan pengukuran langsung diterbitkan sertifikatnya. Tahun ini, sudah beda yakni pengukuran dulu, kemudian sertifikatnya nanti tahun depan.

“Untuk redistribusi, masih tetap seperti tahun sebelumnya. Dimana tahun ini, Konsel mendapat kuota sebanyak 5.500 sertifikat tanah. Dengan tahapan ukur langsung disertifikatkan. Dan saat ini kita sudah melakukan pengukuran dibeberapa lahan transmigrasi dengan luas 1.200 hektar,” jelasnya.

Ditambahkan mantan kepala BPN Kabupaten Bombana ini, jumlah itu meliputi transmigrasi Amohola, Arongo, Roda dan Tolihe. Dari jumlah kuota 5.500, masih tersisa 3.300 kuota untuk redistribusi,” tukasnya.

Reporter: Udin
Editor: La Ode Muh. Abiddin