Kota Baubau Ditunjuk Jadi Tuan Rumah HUT Sultra 2022

85
Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse pimpin rapat persiapan pelaksanaan HUT Sultra ke-58 di Kota Baubau. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi menunjuk Kota Baubau sebagai tuan rumah penyelenggaraan hari ulang tahun (HUT) Sultra ke-58 yang rencananya diselenggarakan Mei 2022 mendatang.

Pelaksana tugas Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse yang mendapatkan perintah tersebut, langsung menggelar rapat koordinasi dan persiapan di aula kantor Wali Kota Baubau di Palagimata, Rabu (20/04/2022).

Monianse mengungkapkan, selain perayaan HUT Sultra yang dirangkaikan dengan pameran pembangunan, di waktu yang bersamaan Pemkot Baubau juga ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan napak tilas Oputa Yi Koo. Dimana kegiatan napak tilas tersebut, untuk mengenang kembali sejarah perjuangan Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional Indonesia yang berjuang melawan para penjajah di tanah Buton.

“Rencananya akan diselenggarakan pada 22-28 Mei 2022 nanti. Dalam rapat, kita sudah buat panitia kecil untuk membahas apa saja yang jadi tugas dari Kota Baubau. Untuk lokasi pelaksanaan, kita sudah mulai persiapkan. Nanti tinggal tunggu panitia dari provinsi datang meninjau, kalau ada yang masih kurang kita akan segera melengkapi,” kata Monianse.

“Pada prinsipnya, kami persiapannya pada bagian teknis. Misalnya angka kunjungan pada saat ulang tahun itu pasti banyak, berada disatu lokasi tertentu di Kotamara. Tentunya hal yang perlu kami siapkan antara lain, bagaimana pengaturan lalu lintas sekitar situ, keamanan kenyamanan pengunjung, ketersediaan toilet mobile dan toilet-toilet lainnya. Karena ini menyangkut tentang kenyamanan, termasuk bagaimana menyiapkan lapangan, kebersihannya, ketersediaan tribun yang bisa digunakan untuk didekor oleh panitia Provinsi, jadi sifatnya kita berperan pada urusan yang lokal saja,” tambahnya.

Selain pameran pembangunan, diperayaan HUT Sultra nantinya akan diisi berbagai jenis lomba diantaranya, lomba kabanti, lomba pidato kepahlawanan, monolog story telling, pentas seni drama musikal, cerdas cermat dan beberapa jenis lomba lainnya.

“Sedangkan untuk lomba yang bersifat Online, bisa kita manfaatkan untuk mengukuhkan Kota Baubau sebagai kota yang smart, dengan memanfaatkan internet sebagai basis kegiatan,” tambahnya menutup.

 

Editor: Adhil