KPU Konsel Sosialisasi Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Keanggotaan Parpol

18
KPU Konsel Sosialisasi Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Keanggotaan Parpol. Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), sosialisasikan tahapan pendaftaran dan verifikasi keanggotaan Partai Politik (Parpol).

Sosialisasi tersebut, sesuai PKPU Nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan Parpol peserta Pemilu, anggota DPR dan DPRD tingkat KPU Konsel. Kegiatan itu, diikuti oleh parpol se-Kabupaten Konawe Selatan, Senin (15/08/2022).

Sosialisasi itu juga dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Konsel Alimun SAg dan Komisioner Bawaslu Konsel Awaluddin AK.

Kepala Kesbangpol Konsel Alimun SAg dikesempatan itu mengatakan, fungsi Kesbangpol melaksanakan kegiatan menyangkut penerimaan pendataan Parpol. Agar ada kesesuaian data Parpol antara KPU dan Kesbangpol.

“Utamanya sesuai persyaratan yang perlu disiapkan pendaftaran utamanya AD-ART partai,” ujar Alimun.

Sementara itu, Ketua KPU Konsel Aliudin SIp saat membuka sosialisasi itu mengatakan, tahapan dan jadwal PKPU Nomor 3 dan PKPU Nomor 4 merupakan langkah awal dalam proses Pemilu kedepan.

“Menghadapi penyelenggaraan pemilihan umum kedepan secara serentak, KPU selalu membuka ruang diskusi dan komunikasi demi kelancaran pemilu 2024,” ujar Aliuddin.

Senada dengan itu, Komisioner KPU Konsel Kordinator Divisi Tekhnis, Asriani SKep Ns menuturkan, proses pendaftaran sesuai PKPU Nomor 4 terpusat di KPU RI.

“Tahapan verifikasi partai politik yang cukup memenuhi ambang batas empat persen hanya dilakukan verifikasi administrasi. Sedangkan parpol yang tidak memenuhi ambang batas dan parpol, baru dilakukan verifikasi administrasi dan faktual,” terang Asriani.

Setelah tahapan sosialisasi ini, tambah dia, sesuai tahapannya verifikasi administrasi saat ini sedang berlangsung sejak 2 Agustus sampai dengan 11 September.

“Untuk tahapan verifikasi faktual sesuai PKPU nomor 4 akan dilaksanakan 15 Oktober sampai 4 November kedepan,” ujarnya.

Asriani menambahkan, jelang kedua tahapan verifikasi itu, Parpol diharapkan untuk memastikan kantor tetap parpol, kepengurusan dan keanggotaan sesuai dengan data yang diupload pada aplikasi sistem informasi partai politik (SIPOL).

Penulis: Udin