Lebih Seratus Napi Sudah Jalani Vaksin Dosis Pertama di Lapas Baubau

45 views
Ilustrasi sedang divaksinasi (unsplash)

BAUBAU, suryametro.id – Tak hanya warga yang berada diluar, para narapidana yang tengah menjalani masa hukuman dibalik jeruji besi juga tetap mendapatkan pelayanan vaksinasi. Tak terkecuali di Lapas Klas IIA Kota Baubau.

Setidaknya sampai saat ini, sudah lebih seratus narapidana telah menjalani vaksinasi dosis pertama. Sedangkan jumlah narapidana di Lapas Klas IIA Baubau berjumlah lebih kurang 800 narapidana.

“Warga binaan baru seratus lebih di vaksin dosis pertama dari total lebih 800 narapidana,” kata Kepala Lapas Klas IIA Kota Baubau, La Samsudin, Jum’at (20/8/2021) melalui telepon selulernya.

Samsudin menjelaskan, alasan belum seluruhnya para narapidana mendapat suntikan vaksin adalah dikarenakan masih banyak yang tidak memiliki kartu identitas seperti KTP dan KK. Selain itu juga, masih ada keterbatasan dari Dinas Kesehatan untuk stok vaksin.

“Kemarin kami kesulitan karena warga binaan ini ada yang tidak punya kartu identitas. Tapi sudah ada jalan keluar dengan melakukan koordinasi antara Kemenkum HAM. Kemenkum HAM lalu bersurat ke Kemenkes dan disetujui warga binaan bisa di vaksin meski belum memiliki kartu identitas,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga rutin menggelar tes Swab kepada para petugas Lapas dan para warga binaan. Hal ini tentunya untuk menjamin setiap orang yang berada di lingkungan Lapas terbebas dari virus Covid-19 yang mematikan itu.

“Alhamdulillah selama Covid ini kami swab kepada petugas dan warga binaan juga sudah sawb,” tutupnya.

Penulis : Hariman