Lupa Matikan Lilin, Dua Rumah di Muna Terbakar

1292
Kebakaran Rumah di Desa Parida Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna - Foto: Iman Supa/suryametro.id

RAHA, suryametro.id – Dua unit rumah tinggal di Desa Parida, Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) hangus terbakar, akibat pemilik rumah lupa mematikan nyala lilin yang dibakar dilantai dua.

Diketahui kejadian kebakaran bersumber dari rumah semi permanen milik Haliadin, yang merembert hingga ke rumah milik Muliati, yang terjadi pada Jumat malam (30/7/2021) sekitar pukul 19:30 wita.

Saat seluruh anggota keluarga Haliadin, sementara berada diruang tengah lantai satu. Secara, tiba-tiba salah satu tetangganya teriak karena melihat api sudah membesar dari lantai dua bagian depan.

Menurut Rosmini tetangga korban kebakaran saat dikonfirmasi terkait kejadian menjelaskan, bahwa anak dari Bapak Halidin atas nama Risnang melipat pakaian dilantai dua dengan penerangan menggunakan lampu lilin, namun saat anaknya yang lagi sakit menangis dilantai bawah, sehingga turun mendiamkan anaknya.

“Saat turun mendiamkan anaknya yang lagi sakit, anak pemilik rumah lupa mematikan lilinnya,” jelasnya.

Dari kejadian itu, barang berharga seperti dua buah laptop, dua buah print, camera nikon, kulkas, televisi termasuk lemari berisi dokumen penting hangus terbakar. Beruntung anaknya Wahyu bisa menyelamatkan satu unit motor

Ditempat kejadian, Pj Kepala Desa Parida, Rachmad Dianto menambahkan bahwa api bersumber dari lantai dua sementara masyarakat yang melihatnya sempat menyiramkan air namun api sudah duluan membesar.

Lanjutnya, rumah milik Halidin hangus terbakar rata dengan tanah. Sementara, rumah Muliati, hanya terbakar pada dinding bagian depan hingga bagian dapur, namun ia cepat dipadamkan karena tiga unit mobil pemadam kebakaran sudah tiba di tempat kejadian.

“Kerugian belum bisa ditaksir namun korban hanya menyelamatkan pakaian dibadan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Napabalano, IPTU Julak Sulohor, menghimbau masyarakat agar lebih hati-hati dalam menyalakan api.

“Untuk kerugian belum bisa dipastikan karena harus menemui pihak korban, kami juga telah memasangkan garis polisi,” tutupnya.

Reporter: Iman Supa