ANDOOLO, suryametro.id – Untuk membangun dan menyediakan informasi pemerintahan berbasis website pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfo) menggelar pelatihan untuk para admin website OPD.
Keberadaan website ini juga, merupakan bentuk implementasi perintah Undang-undang. Sekaligus sebagai langkah awal terwujudnya e-Government dan kebijakan Pimpinan Daerah Konawe Selatan. Yang menyajikan journal, informasi, dan potensi daerah secara terpadu dan menyeluruh.
Saat ini, telah terbangun 38 website OPD dan beberapa website penunjang lainnya, antara lain website PPID, Covid 19, BLK Konawe selatan dan pada bagian Barang dan Jasa, serta website daerah sebagai rumah besar website yang ada.
Kepala Dinas Kominfo Konsel, Anas Mas’ud saat dikonfirmasi, Selasa (19/10/2021) mengatakan, agar bisa lebih maksimal pengoperasiannya, tentunya dibutuhkan operator admin website handal dan bersikap profesional.
“Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan keahlian para operator admin portal, dengan tujuan menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap keberadaan website dimaksud,” jelasnya.
Lanjutnya, penyediaan portal merupakan kebijakan pimpinan daerah untuk menunjang implementasi e-government melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE). Dimana seluruh OPD mesti memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dari semua instansi lingkup Pemkab Konsel.
“Misalkan ingin mendapatkan informasi destinasi wisata silahkan kunjungi link website Dinas Pariwisata, atau update data kependudukan buka portal Disdukcapil Konawe Selatan, dan berbagai manfaat lainnya,” sebut Anas.
Website OPD tersebut, tambah alumni STPDN ini, secara keseluruhan terintegrasi dengan website resmi Pemerintah Daerah, atau terkoneksi dan terpusat dalam server satu subdomain konaweselatankab.go.id. Kedepan fitur-fitur website OPD akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan pengelola, masyarakat dapat melakukan download dokumen yang telah di upload oleh admin pada website masing masing OPD. Sehingga dokumen yang bersifat terbuka untuk umum atau publik mudah di akses dari manapun dan kapan saja.
“Keberadaan website ini menjadi tantangan tersendiri bagi OPD, untuk kreatif memberikan update informasi kepada publik, jika tidak, tentunya akan menjadi bahan evakuasi Pimpinan Daerah,” terangnya.
Diharapkan juga keberadaan website ini menjadi beranda utama bagi Pemerintah dan beranda bagi OPD untuk memperkenalkan berbagai program dan kegiatan unggulannya kepada masyarakat. Sehingga kita berharap melalui pelatihan ini semua admin website OPD dapat mengelola website secara baik dan profesional. Dan bakal dievaluasi hasilnya tiga Minggu kedepan terhadap progres pengelolaan website tersebut.
“Keberadaan website ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar pimpinan daerah dalam memberikan pelayanan publik di Kabupaten Konawe Selatan. Segala informasi dan kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan masyarakat luas bisa dengan mudah disampaikan dan diketahui baik melalui komputer, laptop maupun ponsel,” pungkasnya.
Reporter: Udin