Mayjen (Purn) TNI Andi Sumangerukka menjadi Bapak Angkat Kodam Hasanuddin

24
Suasana penyambutan Bapak Angkat Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen Purn. TNI Andi Sumangerukka di Markas Kodam Hasanuddin, Makassar, Kamis (2/6/2022). Antara/ HO-Kodam Hasanuddin

MAKASSAR, suryametro.id – Mantan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Purnawirawan TNI Andi Sumangerukka dikukuhkan menjadi Bapak Angkat Kodam Hasanuddin pada HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin.

“Pengangkatan beliau ini tentu berdasarkan sejumlah kriteria dan saya sudah menghadap yang kemudian diminta dilanjutkan,” kata Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Andi Muhammad di Lapangan M Jusuf, Makodam Hasanuddin, Makassar, Kamis.

Menurut dia, pada peringatan HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin ini suatu pemandangan yang tidak lazim, karena juga menggelar pengangkatan mantan Pangdam XIV/Hasanuddin sebagai bapak angkat.

Dia mengatakan, ketika Mayjen TNI menjabat sebagai Pangdam periode sebelumnya, ia pada saat ini sebagai Kasdam Hasanuddin.

Sebelumnya, Purnawiran Andi Sumangerukka juga pernah bertugas sebagai Komandan Korem 143/Kendari, sehingga rekam jejaknya tidak diragukan lagi.

“Selain itu, juga sudah melalui kajian yang mendalam dan mendapat arahan-arahan senior. Saya juga sudah menghadap Kepala Staf AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman dan dalam arahannya beliau setuju dan meminta dilanjutkan,” katanya.

Menurut dia, dedikasi yang tinggi dari Mayjen Purn. TNI Andi Sumangerukka ini, karena mampu membangun kebersamaan, kekompakan dan memberikan dukungan moril maupun materiil.

Dukungan materi itu dicontohkan, pada HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin Andi Sumangerukka memberikan bantuan 100 unit sepeda motor operasional untuk jajaran prajurit TNI di lapangan.

“Pada tahap pertama diberikan bantuan 30 unit sepeda motor, ini tentu sangat dibutuhkan prajurit khusus Babinsa di daerah kepulauan yang terpencil, di kabupaten, kecamatan atau desa-desa sangat terbantu dengan adanya kendaraan operasional tersebut,” katanya.

Sementara itu, Andi Sumnagerukka mengatakan para prajurit dianggap sebagai anak-anaknya, sehingga komunikasi yang baik akan terjalin, termasuk sebagai seorang bapak, harus mengerti kebutuhan anak-anaknya.

Karena itu, ia berharap ke depan selaku bapak angkat tentu pihaknya akan terus memperhatikan anak-anaknya meskipun saat ini tidak lagi menjabat sebagai TNI aktif.

Sumber: antaranews.com