Megaproyek Gila di Dubai: Terumbu Karang Seluas 500 Ribu Meter Persegi

23
Proyek pengembangan terumbu karang di Dubai, dok tahun 2020. (Karim Sahib/AFP via Getty Images)

JAKARTA, suryametro.id – Dubai memang kota dengan segala kemegahan. Di lepas pantainya, seorang pengembang properti berencana membuat terumbu karang seluas 500.000 meter persegi.

Dikutip dari CNN Travel, adalah pengembang di balik Megaresor Heart of Europe, Kleindiest Group, yang mendirikan ‘The Coral Institut’. Tujuannya, untuk merawat dan meregenerasi terumbu karang. Grup ini juga bagian dari jaringan pulau buatan yang disebut ‘The World’.

Kleindiest Group menggunakan teknik yang dikenal sebagai ‘fragmentasi’. Caranya, karang dipotong dengan gergaji listrik kecil. Jangan khawatir, cara ini akan memungkinkan setiap karang berpotensi beregenerasi ratusan kali.

Potongan-potongan karang tersebut kemudian disimpan di tangki air. Selama pembiakan, terumbu karang itu mendapatkan pengawasan dari tim ahli biologi kelautan.

“The Coral Institute akan menyimpan dan melindungi stok genetik karang di sekitar Teluk Arab,” kata Ketua Grup Kleindiest, Josef Kleiniest.

Sebelumnya, pada tahun 2018, sebuah studi menemukan bahwa 73 persen karang di Uni Emirat Arab telah musnah karena pemutih. Sebagian besar penyebabnya adalah perubahan iklim dan aktivitas manusia.

Menurut Kleindiest, tujuan Heart of Europe adalah untuk menunjukkan bahwa pembangunan dan kehidupan laut dapat hidup berdampingan dalam lingkungan yang berkelanjutan.

Karang akan membantu membuat situsnya ramah lingkungan serta menjadi elemen lanskap hotel mewah, 4.000 rumah dan lebih dari 50 tempat wisata di Jantung Eropa, salah satunya Floating Seahorse Villas yang begitu ikonik.

Sumber: detik.com