Menkes Harap Indonesia Tak Alami Lonjakan Covid Seperti India

39
Menkes Budi Gunadi Sadikin berharap Indonesia tak mengalami lonjakan kasus covid seperti yang dialami India. Menkes Budi Gunadi Sadikin berharap Indonesia tak mengalami lonjakan kasus seperti India. (Foto: Biro Setpres/Rusman)

JAKARTA, suryametro.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap Indonesia tidak mengalami lonjakan kasus Covid-19 seperti yang dialami India beberapa waktu terakhir.

Budi mengatakan lonjakan kasus di India terjadi saat tren pertambahan kasus menurun. Di saat yang sama, vaksinasi Covid-19 berjalan lancar.

“Mereka sudah vaksinasinya tinggi, jumlah konfirmasi kasus menurun, mereka lupa. Mereka kurang waspada. Mereka mengendorkan protokol kesehatan memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Budi dalam jumpa pers daring di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (19/4/2021).

Budi menyampaikan kondisi pandemi di Indonesia sedang mengalami tren baik. Menurutnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala mikro (PPKM Mikro) berdampak positif.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menyebut jumlah keterisian rumah sakit di Indonesia rendah. Dia juga bilang kasus baru juga semakin menurun.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Budi berharap masyarakat bisa tetap waspada terhadap penularan Covid-19. Dia meminta setiap orang untuk selalu menaati protokol kesehatan dan menerapkan 3M.

“Kalau itu bisa kita tetap jalankan, insyaallah di masa Ramadan ini dan Idulfitri kita tidak usah mengalami seperti yang ada di India,” tutur Budi.

Sebelumnya, kondisi pandemi Covid-19 di India memburuk. India mencatat rekor 234 ribu kasus corona baru dan 1.341 kematian dalam satu hari pada Sabtu (17/4).

Lonjakan kasus terjadi usai virus Corona mutasi Inggris merebak di India. Selain itu, pengabaian protokol kesehatan diduga jadi sebab utama.

Warga India sempat menjalani perayaan ritual mandi di sungai atau Kumbh Mela. Ritual ini diyakini jadi salah satu faktor lonjakan kasus. Seribu orang dinyatakan positif Covid-19 usai mengikuti ritual itu.

(adm/lma)