MG LPDP Sultra dan Buton Care Gelar Sharing Session

18
MG LPDP Sultra dan Buton Care Gelar Sharing Session. (Foto: Istimewa)

BAUBAU, suryametro.id – Demi meningkatkan minat beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan mewujudkan komitmen, Mata Garuda (MG) Sultra dan Komunitas Buton Care menggelar sharing session bersama sejumlah pelajar di Kota Baubau, Jumat (20/5/2021).

Ketua Buton Care, Wahyu Woliono mengungkapkan, bahwa event Kolaborasi sangat penting untuk dilakukan saat ini . Kolaborasi yang memadukan kemampuan yang berbeda-beda dapat menjadi sebuah kekuatan yang besar dalam menghadapi tantangan zaman.

Keterampilan yang dimiliki sejak sekolah, sampai kemudian menjadi mahasiswa nantinya harus mampu memberi kebermanfaatan bagi pribadi, kelompok, masyarakat dan bahkan negara.

Selain itu, keterampilan yang secara khusus dimiliki harus juga disertai dengan wawasan yang mumpuni sehingga mampu menjadi sebuah energi positif dalam menunjang setiap kegiatan dan program-program yang ada didalam masyarakat dan organisasi.

Ditempat yang sama, Ketua MG Sultra Anna mengatakan, kegiatan sharing session ini merupakan kolaborasi perdana dengan mengangkat tema ‘Lebih Dekat Dengan Beasiswa LPDP S1’.

Gia tersebut bertujuan memberikan informasi yang seluas-luasnya, kepada masyarakat khususnya pelajar untuk memperoleh kesempatan melanjutkan studi dengan pembiayaan penuh oleh negara. Lebih dari 83 pelajar yang berasal dari beberapa sekolah di Kota Baubau turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dihadiri oleh pelajar dengan antusias yang cukup besar, mereka mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan baik, tentunya dengan tetap memperhatikan prokes yang berlaku, harapannya antusias mereka pada malam hari ini menjadi gambaran keseriusan dan komitmen untuk mendapatkan beasiswa nantinya. Kami ingin mereka menyiapkan diri Sejak Dini terutama kemampuan berbahasa Inggris, kesadaran diri untuk terlibat membangun daerah melalui pendidikan, dan Pendidikan karakter” ungkapnya.

Disi lain, selaku alumni penerima beasiswa LPDP dan juga pemateri dalam kegiatan tersebut, Muh Sidik Ibrahim dan Afrianti S La Muru menuturkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan alasan minimnya informasi beasiswa khususnya di Kota Baubau. Sehingga memang masih sangat diperlukan kegiatan-kegiatan sosialisasi, tentang pendidikan khususnya informasi beasiswa sehingga minat pemuda-pemudi di Kota Baubau untuk melanjutkan studi semakin meningkat.

Adanya kegiatan sharing session merupakan kegiatan yang memberikan informasi yang sangat menarik terkait bagaimana memperoleh beasiswa LPDP S1. Kegiatan ini tergolong baru, tentunya sangat membantu para siswa siswi SMA untuk termotivasi dan mendapatkan gambaran hal-hal yang perlu mereka persiapkan untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Pemerintah memberikan kesempatan untuk mendanai secara penuh biaya pendidikan, kepada mereka yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Kenyataan, masih minim bagi siswa mendapatkan informasi tersebut dan melalui kegiatan ini menjadi wadah bagi mereka lebih bisa memanfaatkan kesempatan tersebut.

Penulis : La Ode Muh. Abiddin