Momen Haru Nakes Pamerkan RS Mulai ‘Kosong’, 17-an Tanpa Pasien COVID-19

43
Foto: Tangkapan layar viral (atas izin yang bersangkutan)

JAKARTA, suryametro.id – Seorang tenaga kesehatan bercerita pasien COVID-19 di rumah sakit tempatnya bekerja mulai menurun drastis. Lewat akun Tiktok pribadinya @dokter_alzena, ia mengatakan turunnya pasien COVID-19 itu menjadi kado terindah dalam HUT ke-76 Republik Indonesia.

Dalam video viral tersebut terlihat banyak tempat tidur yang kosong berjejer di area khusus COVID-19, mulai dari area luar, lorong, dan dalam ruangan.

“Pasien COVID-19 di rumah sakit menurun drastis dan banyak juga yang lulus isoman. Kebahagiaan kami adalah bed pasien ini kosong, tabung oksigen tidak jadi rebutan dimana-mana,” ungkapnya.

Dilansir dari detikcom, saat dihubungi melalui Instagram pada Rabu (18/8), wanita bernama Novy Oktaviana itu mengatakan bahwa pasien yang datang untuk berobat sudah mulai banyak yang non-COVID-19. Penurunan pasien di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Semarang itu diketahui mulai terjadi beberapa hari terakhir sebelum tanggal 17 Agustus.

“Lelah dan panasnya APD kami tak terasa lagi (setelah) melihat pasien sehat dan semangat positif vibesnya. Semoga tidak ada lagi berita kematian dan tangisan di sini karena COVID-19,” tulisnya pada akun TikTok.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan percaya suatu saat nanti akan kembali hidup normal.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro menyebut keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 berada di angka 46,08% pada Kamis (12/8) kemarin. Angka itu turun dari hari sebelumnya.

“Ketersediaan tempat tidur secara nasional ada di posisi 46,08% di hari Kamis, turun di hari sebelumnya 47,62%,” kata Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/8/2021).

(detik.com)