Monianse: Pengelolaan Aset Butuh Komitmen dan Tanggungjawab

115 views
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse di kegiatan Pembinaan Pengelolaan Barang Milik Daerah, Jumat (25/08/2023). Ist

BAUBAU, suryametro.id – Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat memberikan sambutan pada Bimbingan Teknis ( Bimtek) Pembinaan Pengelolaan Barang Milik Daerah di hotel mira, Jumat (25/8/2023).

Dikesempatan itu, Monianse mengungkapkan, sudah menjadi pemahaman bersama bahwa setiap tahun pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menjadi sorotan selalu aset. Sebab tidak sedikit tata kelola aset selalu menjadi ancaman dimana dari status laporan setiap tahun masih ada yang terbengkalai dan selalu menjadi perhatian.

Olehnya itu, pihaknya menyambut baik tindak lanjut yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Baubau dengan melakukan semacam Bimtek dengan menghadirkan orang-orang profesional, berpengalaman untuk dapat belajar bersama agar kondisi tahunan tidak akan terjadi lagi. Apa lagi memang untuk kesekian kali selalu direkomendasikan agar sistem aset di Kota Baubau di perbaharui dengan mengikuti pola perkembangan hari ini.

“Jadi alhamdulillah ada Kabupaten Bojonegoro yang mau berbagi dengan kita olehnya itu, dengan kehadiran kita pada pagi hari ini akan memperkuat komitmen dan tanggungjawab kita kepada pengelolaan aset,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menambahkan, diperlukan adanya koordinasi dengan unit-unit kerja lain agar benar-benar sistim aset satu layar. Oleh sebab itu, kepada bidang aset untuk selalu melakukan koordinasi dengan unit kerja lain dan jangan setiap unit kerja punya lapangan yang tidak saling terkait dengan sistem yang kadang-kadang tidak bisa menyatakan tentang posisi aset yang sebenarnya.

Dikatakan, pihaknya tidak bisa lagi mengontrol sejauh ini apa yang telah dilakukan apakah aplikasi ini akan terus berjalan namun paling tidak pihaknya bisa mendengarnya dari luar bahwa di Kota Baubau sudah dapat menyelesaikan satu kondisi yang menjadi umum di setiap tahunnya yaitu laporan aset.

“Ini terus yang menjadi catatan saya. Posisi hari ini tinggal 28 hari akan berakhir. Saya sangat berharap bisa meninggalkan satu jejak yang baik utamanya pada sisi aset bahwa di akhir masa pemerintahan kami bisa menghasilkan satu sistem yang menyelesaikan aset di kota kita,” katanya.

La Ode Ahmad Monianse meminta kepada peserta Bimtek terkait dengan kehadiran tamu jauh dari Bojonegoro sehubungan dengan aset untuk bisa disikapi dengan penuh tanggungjawab. Sebab ini merupakan kesempatan terbaik dan perlu dihormati dengan cara menyiimak dengan baik apa yang disampaikan dan setelah itu diterapkan.

Sementara itu, diakhir sambutannya, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse juga menyampaikan permohonan maaf selama kurang lebih 5 Tahun bersama di pemerintahan ada hal yang kurang berkenan agar dimaafkan. (Adm)