Monianse: Tanamkan Nilai Luhur Budaya untuk Wujudkan Persatuan dan Kesatuan

18
Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat mengikuti Sidang Paripurna DPRD Kota Baubau, dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI), dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 Tahun 2021, di ruang Auditorium DPRD Kota Baubau. (Foto: Diskominfo Kota Baubau)

BAUBAU, suryametro.id – Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse, mengajak seluruh masyarakat Kota Baubau untuk selalu menanamkan nilai-nilai luhur Budaya dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan. Nilai-nilai luhur Budaya tersebut tertuang dalam “Sara Pataanguna” yang kemudian dielaborasi oleh Wali Kota Baubau AS Tamrin menjadi “PO-5”.

Ajakan tersebut disampaikan saat La Ode Ahmad Monianse menyampaikan pidato pengantar Wali Kota Baubau, dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau, dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI), dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 Tahun 2021, di ruang Auditorium DPRD Kota Baubau, Senin (16/8/2021).

La Ode Ahmad Monianse menginginkan, filsafat tersebut dapat menjadi nilai dan landasan dalam pergaulan sehari-hari menuju masyarakat Baubau yang maju, sejahtera, dan berbudaya. Iapun berharap, pada momentum peringatan Hut Ke-76 Kemerdekaan RI, masyarakat Baubau dapat meneguhkan komitmen untuk bersatu padu, serta memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Negeri.

“Kita Harus bangkit untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun daerah yang kita cintai, dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang telah diwariskan oleh para leluhur kita, yang dikenal dengan Sara Pataanguna, yang kemudian dielaborasi oleh Wali Kota kita menjadi Filsafat nilai yang disebut dengan “PO-5”, yakni : Pomaamaasiaka, Popiapiara, Pomaemaeaka, Poangkaangkataka, dan Pobincibinciki kuli,” ucapnya.

Ia mengajak, kepada semua pihak untuk mengintrospeksi kinerja kolektif yang dicapai, selama membangun Kota Baubau sebagai bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mengingat, kemerdekaan yang dicapai merupakan buah dari perjuangan para Pahlawan, yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

“Kita patut berterima kasih kepada para pendahulu kita, para pejuang pahlawan bangsa, atas perjuangan dan kerja keras, disertai dukungan sepenuh hati dari seluruh rakyat Indonesia. Hari ini di saat kita memperingati 76 Tahun Indonesia merdeka, kita mempunyai modal yang lebih dari cukup untuk melompat maju dalam membangun dan mengisi kemerdekaan,” terangnya.

Ahmad Monianse menambahkan, jika menyimak kembali pidato Bung Karno, yang mengatakan “sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya”. Walau hanya menggaung beberapa detik, namun suara yang menggelegar tersebut menjadi peristiwa besar yang telah mengubah jalan sejarah Indonesia.

“Sekalipun sangat Sederhana, tetapi berlangsung dengan penuh Hikmat, “gema lonceng kemerdekaan” itu terdengar ke seluruh pelosok Nusantara dan menyebar ke seantero dunia. Demikian pula pada hari ini, 16 Agustus 2021, kita hadir di sini, untuk mengikuti salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Hut ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan tema “Indonesia tangguh Indonesia tumbuh,” katanya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, tema tersebut sebagai wujud terciptanya nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan yang penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik, termasuk ketangguhan dan semangat untuk melawan Covid-19.

La Ode Ahmad Monianse juga mengungkapkan, dalam membangun Kota tak bisa hanya mengandalkan pada kinerja Pemerintah Daerah. Pasalnya, perubahan akan dapat terwujud jika seluruh komponen bekerja sama, bergerak dan saling memberikan kepercayaan satu sama lainnya. Untuk itu, pihaknya menaruh hormat dan bangga kepada DPRD yang selalu mengingatkan akan komitmen dan tekad bersama membangun daerah.

“Peranan DPRD Kota Baubau sebagai mitra Eksekutif, merupakan peran yang bersifat konstruktif dalam rangka penyelenggaraan roda Pemerintahan. Begitu juga ucapan terima kasih kami kepada Forkopimda, yaitu : Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton, Kepala Kejaksaan Negeri Baubau, dan Ketua Pengadilan Negeri Baubau atas dukungannya kepada kami dalam mengemban amanah mewujudkan cita-cita Kota Baubau,” ucapnya.

“Serta terima kasih dan penghargaan kepada TNI, Polri, Tim Gugus Tugas, dan para medis yakni Dokter, Perawat, Bidan, Sopir, Petugas Pemulasaraan jenazah dan semua pihak yang telah bertugas dengan ikhlas dan sukarela dalam penanganan dan pengendalian yang maksimal terhadap Covid-19, serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala membalas pengabdian saudara-saudara,” pungkasnya.

Editor : La Ode Muh. Abiddin