MRI dan RESOS Wakatobi Galang Dana Bantu Korban Angin Puting Beliung

59
MRI dan RESOS Wakatobi Galang dana bantu korban angin puting beliung. Foto: Samidin/suryametro.id

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban angin puting beliung yang menerjang 34 rumah di Desa Darawa, Kecamatan Kaledupa Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Minggu (14/02/2021) lalu, muda-mudi gabungan dari Organisasi Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan komunitas Relawan Sosial (RESOS) Wakatobi, lakukan penggalangan dana di sejumlah titik keramaian di Wangi-Wangi.

Koordinator lapangan aksi penggalangan dana, Dinul Cahyawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena melihat situasi korban bencana yang cukup mengkhawatirkan. Dimana rumah-rumah dilulutanlahkan oleh angin kencang, akibatnya mereka yang rumahnya terkena dampak cukup parah harus mengungsi ke rumah tetangga maupun keluarga.

“Penggalangan dana ini kami gelar selama 4 hari sejak tanggal 16 Februari hingga 19 Februari, dan Alhamdulillah sudah terkumpul sebanyak Rp9.275.000. Rencananya, kami akan belikan atap untuk para korban,” ucapnya saat ditemui di perempatan jembatan Wanci, Jum’at, 19 Februari 2021

Ia melanjutkan, sebelum bantuan dari aksi Galang dana disalurkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala desa agar dapat diketahui yang mana yang lebih prioritas. Sebab menurut kepala desa setempat, suda ada bantuan yang sudah diporsikan melalui anggaran dana desa.

“Kemungkinan bantuan yang kami kumpulkan tidak bisa mengakomodir semua yang terkena dampak bencana. Kami akan lihat yang lebih prioritas dulu. Karena ternyata, sudah ada anggaran dana desa yang sudah porsikan untuk itu, target kmai sekitar 12 rumah dulu,” lanjutnya.

Rencananya, hasil dari uluran tangan masyarakat tersebut akan disalurkan langsung oleh komunitas Relawan Sosial pada Minggu, 21 Februari nanti.

Reporter: Samidin
Editor: Adhil