Muhammad Makmur Irianto Bersama KNPI Siap Kawal Kemajuan Pemuda Baubau

247
Muhammad Makmur Irianto Bersama KNPI Siap Kawal Kemajuan Pemuda Baubau. Doc. suryametro,id

Hiruk pikuk wacana pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kota Baubau mulai berseliweran di dunia maya. Sebagai organisasi yang mewadahi aktivis Kota Baubau, tentu menjadi lumrah jika percakapan terkait KNPI selalu asyik untuk dicermati. Bahkan dari perbincangan warung – warung kopi terselip info adanya saling menggembosi Karena mosi tidak percaya antara satu dan yang lain.

Menurut hemat kami para penikmat wacana itu hal lumrah dan wajar – wajar saja, toh kebebasan berkumpul, berpendapat dan berserikat sepanjang bukan dalam upaya merongrong Negara itu sah oleh aturan.

Namun ada hal yang lebih menarik tentang bincang – bincang KNPI, baru – baru ini bertebaran diberbagai grup FB atau WA adanya figure yang penuh energik dan semangat membara viral dengan orasi kesiapannya untuk merebut pucuk pimpinan KNPI Kota Baubau, beliau adalah Makmur Irianto, S.Sos. beliau secara terang dan lugas menyatakan siap menahkodai KNPI Baubau. Apresiaasi dan berbagai komentar merespon video tersebut, tentu semua memberi dukungan bahkan memberi doa seolah olah mau “haroa”.

Ada fenomena yang penting untuk ditunggu dalam setiap moment MUSDA yakni calon – calon yang siap mendeklarasikan diri, idealnya sudah harus bertebaaran poster atau baliho, tapi kok tidak ya? Ah sudahlah, biarkan saja mungkin para pakar stratak kota Baubau lagi mencakar dan merajut deal – deal dibelakang panggung. Itu bukan urusan kita untuk dirisaukan, to sepanjang calon adalah anak muda yang memenuhi syarat formal silahkan nanti di adu secara aturan main asal jangan memainkan aturan main. Ok Bro..!!!

Kembali terkait kemunculan vigur Makmur Irianto yang menyatakan kesiapan sebagai calon tentu menarik untuk di cermati, betapa tidak, keberanian adalah kunci utama dalam kepemimpinan demikain alasan Bang makmur (panggilan akrab).

Makmur irianto tentu bukan pemuda biasa yang ujuk – ujuk mendendangkan syair SIAP MENGHADAPI SIAPAPUN dalam MUSDA KNPI. Beliau (MI) telah malang melintang dalam berbagai oraganiasi, baik semenjak didunia kampus atau setelah pensiun berdinamika kampus. Beliau oleh adik – adiknya sering disapa ABANG atau KANDA, idetiknya panggilan ini menegaskan bahwa Makmur bukan pria biasa dalam kontekas kemahasiswaan, beliau adalah eks aktivis Himpunan Mahasiswa Islam yang dikenal sebagai organisasi besar di repoblik ini yang telah banyak menempah kader – kader pemimpin baik level nasional atau daerah, sehingga menjadi lumrah jika abangda Makmur bertekad merebut kepemimpinan KNPI Baubau.

Makmur Irianto sebagai vigur calon yang bakal bertarung dalam kompetisi KNPI Kota Baubau, telah merancang visi demi kemajuan KNPI Baubau yakni ‘KNPI BERDAYA, PEMUDA JAYA” . visi tersebut bisa saja menurut orang sangat bombastis, namum bagi beliau visi tersebut adalah jawaban atas problem pemuda masa kini. Menurut beliau KNPI tidak sekedar menjadi atribut normative pemuda bagi pemerintah daerah, tetapi harus menjadi wadah yang mampu mengkonsolidasikan potensi pemuda dalam pembangunan. Pemuda adalah agen of change, pemuda adalah symbol kekuatan dan pemuda adalah pendobrak tirani serta pemuda adalah problem solving. Menurut Makmur pemuda kota baubau harus menempatkan diri sebagai garda depan dalam menjawab problem baik terkait pengawalan kebijakan, peka terhadap isu – isu social, ekonomi dan politik sehingga dapat berkontribusi aktif menyampaikan saran dan pikiran bagi pembangunan.

Pemuda adalah kelompok yang harus sadar akan DAYA yang dimilikinya, tentu harus diwadahi oleh organisasi yang pemimpinnya memahami secara baik apa hakekat pemuda, bukan sekedar hadir sebagai pemimpin yang bisa menyuruh tanpa tau memberi contoh, pemimpin harus hadir bukan dihadirkan secara gratis apalagi pemimpin ada karena by desain. Meskipun lumrah dalam pertarungan, namun menjadi lebih elegan jika mengambil kepemimpinan dengan sangat heroi berdasar konstitusi organisasi. Karena KNPI adalah bagian dari wadah berproses oleh karenanya pertarungan yang feer dan free (adil dan bebas) mesti dikedepankan.

Makmur Irianto optimis ditanganya, KNPI Baubau akan menemukan cita pemuda sebagai generasi yang Maju dan Siap mengawal kemajuan.

Semua pemuda punya kesempatan, tergantung siapa yang mau menyempatkan diri, Kebebasan yang beradab kita kedepankan.!!!

SALAM MAKMUR
Ayo Bermusda…!!!