Musorprov Luar Biasa, Alvian Taufan Putra Resmi Pimpin KONI Sultra

44
Alvian Taufan Putra (tengah) Resmi Pimpin KONI Sultra. Foto: Kominfo Sultra

KENDARI, suryametro.id – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH., hadir secara resmi dan berpidato pada acara Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa KONI Sultra, Selasa (29/03/2022).

Kegiatan ini dihadiri antara lain oleh Wakil Ketua I KONI Pusat, Dr Suwarno SIp MSc dan rombongan, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sultra Swandi Andi, dan para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Sultra.

Juga hadir Ketua KADIN Sulawesi Tenggara Anton Timbang, Ketua KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara Alvin Akawijaya Putra SH, Plt Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Suryono, dan segenap pengurus KONI Provinsi Sulawesi Tenggara, serta para Ketua dan Pengurus KONI Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara, dan para Ketua dan segenap Pengurus Daerah Cabang Olahraga se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara dan sebagai Pembina KONI Provinsi Sulawesi Tenggara, menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Luar Biasa KONI Provinsi Sulawesi Tenggara pada kesempatan ini. Saya percaya, bahwa penyelenggaraan Musorprov Luar Biasa ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk membangun KONI Sultra agar dapat berperan lebih baik lagi kedepan sesuai tugas dan fungsinya. Untuk itu, Musorprov KONI Sultra ini seyogyanya dilaksanakan dengan mengedepankan semangat kebersamaan dan dalam suasana penuh keakraban,” kata Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi menilai, Musorprov Luar Biasa oleh KONI Sultra, menjadi momentum strategis dan mempunyai arti penting dalam menunjang kelangsungan jalannya organisasi KONI Sultra yang sesuai dengan amanat Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi, dalam rangka mewujudkan visi dan misi KONI Sultra yang lebih kongkrit dan efektif.

Musorprov Luar Biasa ini merupakan instrumen organisasi KONI Sultra untuk memperoleh indivudu yang akan duduk sebagai Ketua KONI Sultra definitif, karena jabatan Ketua KONI Sultra selama kurang lebih 8 bulan terakhir ini dijalankan oleh pelaksana tugas, sejak wafatnya Ketua KONI Sultra Periode 2019-2023 (Alm) Agista Ariany Bombay pada pertengahan bulan Juli 2021 lalu.

“Melalui Musorprov Luar Biasa ini dapat terpilih pucuk pimpinan KONI Sultra yang memiliki kompetensi dan itikad yang baik, dan dapat berdiri mewakili kelompok unsurnya serta memiliki integritas yang tinggi untuk memajukan organisasi KONI Sultra di masa kini dan Insyaa Allah dimasa mendatang dan diharapkan dapat mendorong peningkatan peran KONI Sultra dalam memajukan pembangunan olahraga di daerah ini,” kata Gubernur Ali Mazi.

Berbagai kemajuan pembangunan di bidang keolahragaan bermuara pada meningkatnya budaya dan prestasi olahraga. Melalui pembinaan olahraga yang sistematis dan berkelanjutan, kualitas Sumber Daya Manusia dapat diarahkan pada peningkatan pengendalian diri, tanggung jawab, disiplin, dan sportivitas, yang pada akhirnya dapat memperoleh prestasi olahraga yang dapat membangkitkan kebanggaan Nasional, serta memiliki nilai yang strategis dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa di tingkat internasional.

Perlu kita pahami bersama, bahwa membangun prestasi olahraga di daerah ini, merupakan tanggung jawab kita bersama. Ini berarti bahwa keberhasilan pembangunan olahraga tidak mungkin terwujud, tanpa adanya komitmen yang kuat, ikhtiar dan kerja keras dari semua pihak, yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan dari semua stakeholder yang didukung oleh masyarakat untuk membangun olahraga.

KONI Sulawesi Tenggara sebagai salah satu unsur penyelenggara pembangunan olahraga, memiliki tanggung jawab dalam memajukan olahraga, melalui pembinaan atlet di daerah ini. Untuk itu, semua unsur dalam organisasi KONI Sultra, harus bekerja secara kompak dan saling melengkapi serta menjalankan tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan koridor dan ketentuan yang berlaku, sehingga proses pembinaan terhadap cabang olahraga dapat dilaksanakan secara sehat dan dinamis yang sedapat mungkin menciptakan dan menghadirkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama sekaligus mengangkat harkat serta martabat daerah Sulawesi Tenggara dan bangsa Indonesia tercinta.

“Saya selaku Gubernur Sulawesi Tenggara maupun selaku Pembina KONI Sulawesi Tenggara menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap panitia yang telah bekerja keras, sehingga Musorprov Luar Biasa KONI Sultra dapat terselenggara pada kesempatan ini,” kata Gubernur Ali Mazi.

Selanjutnya, Gubernur Ali Mazi mengharapkan kepada segenap jajaran Pengurus KONI Provinsi Sultra, untuk selalu memperkuat silaturahmi dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi, selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam menjaga, memelihara dan mendorong organisasi KONI Provinsi Sultra agar senantiasa menjalankan tugas dan fungsi, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan olahraga di Sulawesi Tenggara.

“Selamat bermusyawarah, semoga Musorprov Luar Biasa ini berjalan aman, lancar, dan sukses, serta bermanfaat tidak hanya bagi organisasi KONI Sultra, tetapi juga bagi kemajuan pembangunan olahraga di Sulawesi Tenggara, sebagai bagian dari kemajuan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Gubernur Ali Mazi.

Alvian Pimpin KONI Sultra
Alvian Taufan Putra diamanahkan menahkodai Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Masa Bhakti 2022-2026. Alvian Taufan Putra terpilih secara aklamasi dalam Musorprovlub KONI Sultra.

Musorprovlub KONI 2022 dengan agenda pemilihan Ketua Umum tersebut, menetapkan Alvian Taufan Putra sebagai ketua di organisasi olahraga di Sultra itu setelah dirinya mendaftarkan diri sebagai calon dan didukung oleh seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga dan seluruh Anggota KONI Kabupaten/Kota se-Sultra.

“Melalui Sidang Pleno Musorprovlub KONI Sultra menetapkan Alvian Taufan Putra sebagai Ketua Umum KONI Sultra untuk Masa Kerja 2022-2026. Penetapan itu setelah Tim Penjaringan menerima berkas pendaftar tunggal dan dinyatakan memenuhi syarat dan kita tetapkan sebagai Ketua Umum KONI terpilih,” ujar Suwandi Andi.

Suwandi Andi kemudian memberikan waktu dan tempat kepada Ketua KONI Sultra Alvian Taufan Putra untuk memberikan sambutan sebagai Ketua KONI Sultra yang baru.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Alvian Taufan Putra, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Musorprovlub KONI yang terdiri dari KONI Kabupaten/Kota dan seluruh Pengurus Cabang Olahraga di tingkat provinsi yang telah memberikan amanah dan kepercayaan untuk menahkodai KONI dalam rangka membina dan meningkatkan prestasi olahraga di Bumi Anoa ke level Nasional dan Internasional.

“Saya terpilih sebagai Ketua KONI Sultra dalam rangka memanajerial organisasi olahraga di Sultra ini merupakan amanah dan kepercayaan dari semua pihak untuk memajukan prestasi olahraga dan kesejahteraan atlit,” ungkap Alvian Taufan Putra.

Alvian Taufan Putra mengaku, kepercayaan atas dirinya memimpin KONI Sultra diyakininya dapat membawa KONI Sultra ke arah yang lebih baik, termasuk melipatgandakan perolehan medali emas di PON Papua menjadi 12 di PON Aceh dan Sumut mendatang.

Target ini akan tercipta bila semua pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat memberikan anggaran yang cukup.

“Saya yakini dapat memajukan prestasi Olahraga Sultra. Itu dikarenakan saya tau suka duka dan kekurangan atlit. Karena keseharian saya bersama para atlit, sehingga saya tau apa yang dirasakan dan apa yang kurang. Setelah saya jadi Ketua KONI, saya akan melakukan perbaikan, pembenahan dan semua itu tentunya butuh anggaran dari Pemerintah Provinsi dan pihak lainnya yang tidak mengikat,” ungkap Alvian Taufan Putra.

Editor: Adhil