Nelayan dan Masyarakat Pesisir di Buteng Diimbau Waspada Cuaca Ekstrim

109
BPBD Imbau nelayan dan masyarakat pesisir di Buteng waspada cuaca ekstrim. Foto: Ahmad Subarjo/suryametro.id

LABUNGKARI, suryametro.id – Cuaca buruk yang terjadi diwilayah laut Sulawesi Tenggara (Sutra) diprediksi berlangsung sampai bulan Maret 2021 kedepan, dengan ketinggian ombak di atas rata-rata 2,5 -30 meter.

Dengan adanya hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), menghimbau kepada masyarakat yang mata pencariannya dilaut dan bertempat tinggal didaerah pesisir untuk tetap waspada cuaca ekstrim.

“Saya harapkan kepada masyarakat yang melaut harus melihat kondisi keadaan laut dan jangan pergi kalau cuaca buruk, dan bagi masyarakat yang bermukim dipesisir laut agar berjaga-jaga dengan angin kencang yang sewaktu-waktu datang tiba-tiba,” ungkap Sirudin, Kepala BPBD Buteng, saat ditemui diruangan kerjanya. Senin (15/2/2021).

Lanjutnya, pihaknya akan terus waspada melihat kondisi masyarakat serta memantau keadaan, dan jika ada hal yang tidak diinginkan akibat cuaca buruk maka akan segera melakukan tindakan.

“Kami BPBD siap berjaga menjalankan tugas, serta kami selalu berkomunikasi dengan tim SAR Baubau, jika suatu ketika ada warga terkena bencana dilaut maka dengan cekatan di evakuasi dengan cepat,” tutupnya

Reporter: Ahmad Subarjo
Editor: Herman Erlangga