Netfid Gelar Dialog Publik Bersama Universitas Sultra

58
Ketua Netfid Indonesia, Dahlia Umar saat menyampaikan pengantar diskusi Via Online - Foto: Rahman/suryametro.id

KENDARI, suryametro.id – Pengurus Network For Indonesian Democratic Society (Netfid) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelanggarakan dialog publik, dan juga penandatanganan MoU yang berkerjasama dengan Universitas Sultra serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Univrsitas Sultra.

Pada kegiatan tersebut, bertemakan ‘Menilisik Tantangan Perempuan Dalam Menghadapi Pemilu 2024’, yang bertempat di Gedung WTC Universitas Sultra, Kamis (23/12/2021).

Dalam kegiatan itu turut di hadiri oleh Rektor Universitas Sultra Andi Bahrun yang juga selaku keynote speaker, kemudin Komisoner Bawaslu Sultra Siti Muna Darma, Komisioner KPU Sultra Ade Suerani, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu  IAIN Kendari Aslia Zainal selaku perwakilan Akademisi, serta Ketua Netfid Indonesia Dahlia Umar sebagai Pengantar dialog yang bergabung melalui durring.

Dalam Sambutannya Rektor Universitas Sultra, Andi Bahrun menyampaikan, pihak sangat terbuka dengan lembaga mana saja yang siap berkerjasama, apa lagi hal kepemiliuan terkhusus terkait peran dan partisapasi perempuan dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu).

“Kami sangat berterimakasih Netfid Sultra mau berkerja sama dengan Universitas Sultra, dalam proses pemantauan kepemiluan khusunya bagaimana kita bisa meningkatkan peran serta partisasi perempuan, dalam perpolitik secara nasional maupun lokal apa lagi ada kuato 30 persen yang di atur dalam UU  untuk keterwakilan perempuan” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Netfid Sultra, La Ode Darman menga, pihaknya sangat berterimakasih kepada Rektor Sultra dan BEM Universitas Sultra, yang telah berkerjasama untuk melaksanakan dialog publik dan penandatangan Nota Kesepahaman  terkait proses pemantaun  pemilu.

“Kegiatan sebagai bagian dalam memperingati hari ibu, makanya tema yang kami yang angkat dalam dialog ini terkait peran perempuan dalam Pemilu 2024” tegasnya.

Sedangkan Ketua Netfid Indonesia, Ibu Dahliah Umar, yang ikut bergabung melalui via during menyampaikan, bahwasanya ini merupakan terobosan baru Netfid melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkhusus kampus. Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, pihak kampus Universitas Sultra dan Netfid bisa terus bersinergi, untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain mengenai kepemiluan.

“Saya berharap melalui diskusi ini bisa melahirkan solusi untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pemilu kedepan.” Pungkasnya.

Untuk di ketahui kegiatan ini dilaksanakan secara ofline dan online dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Reporter: Rahman