Ngeri! Kisah Mistis Lantai 3 dan 4 Rumah Sehat Tempat Karantina Pasien Covid-19 di Baubau

976
Tampak bangunan Rumah Susun bagi ASN Kota Baubau yang sementara dialihkan menjadi Rumah Sehat untuk perawatan pasien Covid-19 - IST

BAUBAU, suryametro.id – Rumah susun yang terletak di kawasan Simpang Lima, Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari tadinya hendak dijadikan sebagai tempat tinggal Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tapi, sejak pandemi Covid-19 melanda, bangunan empat lantai tersebut kemudian beralih fungsi menjadi tempat bagi para pasien Covid-19 wilayah Kepulauan Buton menjalani karantina untuk mendapatkan pengombatan hingga sembuh yang dilabeli nama Rumah Sehat.

Namun, sejak ditempati, banyak terjadi hal-hal mistis di Rumah Sehat itu. Apalagi tempatnya memang terbilang sepi yang berada di tengah hamparan rumput liar dan tak memiliki bangunan lain disekitarnya. Berbagai kisah horor dan penampakan pun mulai bermunculan khususnya dilantai 3 dan 4 dibangunan tersebut.

Sekelompok Anak-Anak Bermain dan Tiba-Tiba Menghilang

Awal cerita mistis dikisahkan Syahrul salah satu pasien Covid-19 yang sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sehat kepada suryametro.id beberapa waktu lalu. Saat itu, ditengah malam ia mendengar suara sekelompok anak kecil yang tengah bermain-main.

Syahrul yang sempat terjangkit virus mematikan menjalani karantina bersama pasien Covid-19 lainnya di rumah susun itu selama 15 hari lamanya. Ketika itu, Syahrul yang lagi tertidur dikamarnya di lantai 3, tiba-tiba terbangun karena terjadi keributan seperti barang-barang jatuh dilantai di depan pintu kamarnya.

Karena penasaran, Syahrul langsung membuka pintu kamar untuk mengecek sumber suara. Dan alangkah terkejutnya, setelah membuka pintunya ternyata yang terlihat sekelompok anak-anak sedang bermain-main. Padahal, saat itu tengah malam dan semua pasien sudah beristirahat di kamar masing-masing.

“Penampakan itu tak berlangsung lama. Sekejap mata sekelompok anak kecil yang tengah bermain tiba-tiba menghilang. Entah kemana perginya,” kata Syahrul.

Ibu Pasien Covid-19 Berjalan saat Tidur dan Masuk Rerumputan Liar

Kejadian mistis lainnya setelah itu, ada pula salah satu pasien Covid-19 yang dalam keadaan tidur tiba-tiba keluar dari kamarnya dan berjalan sendiri. Bahkan sampai masuk hingga di tengah rerumputan liar. Kejadian tersebut dialami oleh seorang ibu mantan pasien Covid-19 yang saat itu dia juga dirawat di lantai 3.

Ceritanya, terjadi juga di tengah malam. Tiba-tiba ibu tersebut terlihat turun dari kamarnya di lantai 3, berjalan sendiri keluar dari gedung.

Awalnya petugas keamanan yang melihat ibu itu keluar, menganggapnya hal biasa saja, namun keanehan itu muncul setelah mengetahui ibu tersebut berjalan masuk kedalam rerumputan liar apalagi di tengah malam.

“Melihat kejadian aneh tersebut, petugas keamanan langsung bergegas memanggil sang ibu, namun anehnya teguran pihak pengamanan di acuhkannya,” kata sumber tenaga kesehatan yang enggan untuk disebutkan namanya.

Petugas keamanan kemudian langsung menghampirinya dan alangkah terkejutnya ibu tersebut justru mengaku tidak sadarkan diri hingga harus keluar tengah malam menuju rerumputan liar di belakang bangunan.

Munculnya Sosok Hantu Perempuan

Kisah mistis selanjutnya adalah munculnya sosok hantu perempuan di lantai 4 Rumah Sehat tersebut. Hal tersebut juga dialami seorang ibu yang juga adalah pasien yang tengah menjalani karantina.

Ibu tersebut mengaku beberapa kali melihat penampakan sosok hantu perempuan tersebut didalam kamarnya. Ia menceritakan, sosok hantu tersebut memiliki paras yang menyeramkan. Bahkan, dengan rambut panjang yang tak terurai kerap muncul untuk menakutinya.

“Selama dia mendapatkan perawatan, sosok hantu perempuan itu terus muncul namun hanya di waktu malam hari,” kata sumber suryametro.id.

Bahkan, Ibu tersebut sempat jatuh pingsan. Ceritanya, saat itu Ibu tersebut tengah berada di kamar mandi, hantu yang tiba-tiba muncul menakutinya dan langsung jatuh pingsan. Beruntung tenaga kesehatan yang bertugas cepat mengetahui peristiwa itu dan langsung memberikan pertolongan.

Penampakan Aneh dan Terekam CCTV

Tidak hanya para pasien yang mengalami kejadian-kejadian aneh selama menjalani karantina di Rumah Sehat tersebut. Kejadian serupa juga kerap dialami oleh petugas keamanan dan para relawan yang berjaga di gedung itu. Sering mendapat “teror” mistis dari “penguhuni” lain gedung itu.

Misalnya cerita yang dialami oleh salah seorang petugas keamanan Rumah Sehat yang juga enggan untuk disebutkan namanya. Saat itu lagi-lagi di tengah malam saat Ia tengah berjaga. Ia mengaku kaget setelah tiba-tiba sosok aneh terlihat muncul dari layar CCTV di lantai 3.

Sosok perempuan berambut panjang dan berwajah mengerikan bergelantungan diatas pohon dan bangunan Rumah Sehat. Malam itu merupakan jadwal piket petugas keamanan yang diperbantukan dari Satuan Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Baubau dan beberapa rekannya.

Saat itu hujan rintik-rintik. Ia sendiri yang masih terjaga. Sedangkan rekan-rekannya sudah tertidur pulas. Tiba-tiba dia mengaku di kejutkan dengan munculnya sosok hantu perempuan yang bergelantungan diatas pohon yang berada di samping gedung.

Tak hanya menampakkan wujudnya, hantu perempuan tersebut juga mengeluarkan suara nyaring yang identik dengan suara kuntilanak.

Tenaga Kesehatan Berjalan Sendiri Tanpa Sadar

Tak hanya pasien yang menjalani karantina dan petugas keamanan yang berjaga. Kejadian horor juga dialami oleh oleh salah seorang tenaga kesehatan (Nakes).

Saat tengah tertidur pulas, tiba-tiba saja Nakes tersebut bangun dari tempat tidurnya dan berjalan sendiri. Matanya tertutup saat keluar dari kamarnya. Beruntung, rekan-rekannya yang melihat dengan cepat menyadarkan nakes tersebut.

Itulah beberapa kisah mistis yang terjadi di Rumah Sehat yang dialami oleh pasien, petugas keamanan dan tenaga kesehatan. Namun, masih banyak cerita mistis lainnya, khususnya di lantai 3 dan 4 bangunan Rumah Sehat itu.

Walau demikian, pasien, petugas keamanan dan tenaga kesehatan yang bertugas mengaku telah terbiasa dengan kejadian-kejadian mistis di bangunan yang memilik 48 kamar dan telah merawat kurang lebih 400 pasien Covid-19 yang tersebar di jazirah Kepulauan Buton.

Reporter : M1
Editor : Hariman