Oktober 2021, Muhammad Yunan Wakili Sultra di Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

203
Muhammad Yunan, pemuda pelopor dari Kota Baubau wakil Sultra di pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional di Jakarta Oktober 2021 mendatang. Foto: Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Muhammad Yunan, pemuda asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil meraih predikat sebagai pemuda pelopor tingkat Kota Baubau 2021. Dirinya berhasil jadi yang terbaik diajang pemilihan pemuda pelopor program Kementerian Pemuda dan Olahgara tingkat Kota Baubau.

Atas prestasinya itu, Muhammad Yunan juga dipercaya dan diberi amanah sebagai wakil Provinsi Sultra diajang pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional di Jakarta, Oktober 2021.

Dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Kamis (01/04/2021), Yunan mengatakan, dalam proses pemilihan dari pendaftaran, tes wawancara dan penilaian lapangan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahgara Kota Baubau berhasil menjaring tiga pemuda Kota Baubau terbaik yang memiliki inisiator pembawa perubahan pada masyarakat dibidang pendidikan, sosial dan lingkungan. Namun berdasarkan hasil penilaian akhir, Yunan berhasil jadi yang terbaik.

“Saya Berharap kegiatan pemilihan ini, merupakan salah satu pencapaian pemerintah dalam memetakkan keberhasilan anak muda daerah dalam membangun karakter bangsa. Saya sangat bersyukur, bisa menjadi bagian dari agen perubahan atau Agent of Change di masa saat ini,” kata Yunan Bangga.

Untuk diketahui, kepeloporan pemuda atau pemuda pelopor adalah akumulasi dari semangat pemuda dalam mengembangkan potensi diri, guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah yang dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawanan ,tanggung jawab dan kepedulian untuk menciptakan sesuatu dan/atau mengubah gagasan pemikiran, tindakan dan perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten dan gigih yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat serta diakui oleh berbagai pihak dan pemerintah.

Bidang-bidang kepeloporan, dideskripsikan dengan pendekatan tujuan kepeloporan yang dilakukan dan dijelaskan masing- masing sesuai dengan makna kebidangan, batasan, cakupan dan fokus yang menjadi acuan untuk dideskripsikan secara operasional.

Penulis: Adhil