PAFI Baubau Ambil Sumpah 29 Lulusan Baru Tenaga Farmasi

108
29 tenaga teknis kefarmasian lulusan baru sarjana farmasi, diambil sumpahnya. Foto: Adhil/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – 29 tenaga teknis farmasi lulusan baru sarjana farmasi di Kota Baubau diambil sumpahnya hari ini Minggu, 21 Maret 2021. Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kota Baubau, diselenggarakan oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) cabang Baubau, turut dihadiri Wali Kota Baubau Dr AS Tamrin dan ketua PAFI Sultra, Apt M Idham SE SFarm Mkes.

Ketua PAFI Baubau, Hj Sitti Moulae mengatan, kegiatan pengambilan sumpah saat ini, merupakan hal yang cukup penting sebelum berbaur dengan aktifitas kefarmasian.

Penyumpahan ini juga, merupakan bentuk perhatian kepada lulusan baru sarjana farmasi dan sebagai langkah awal untuk jadi bagian dari keluarga besar PAFI Kota Baubau.

“Farmasi ini sangat penting, karena tanpa ada pendampingan dari seorang ahli farmasi, dokter hebat pun tidak bisa memberikan obat untuk pasiennya. Farmasi juga punya peran penting dalam menciptakan vaksin pencegah Covid-19,” kata Hj Sitti Moulae.

“Untuk diketahui, PAFI Baubau terbentuk sejak 2016 lalu. Hadirnya PAFI sebagai wadah untuk tempat para Tenaga farmasi kita bernaung sehingga dengan mudah bisa mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan tenaga Farmasi kita,” tambahnya.

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH secara resmi buka kegiatan pengambilan sumpah janji tenaga farmasi Kota Baubau. Foto: Adhil/suryametro.id

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH dalam sambutannya berharap, seluruh tenaga farmasi yang baru disumpah, bisa memegang teguh sumpah janji yang diucapkan. Selalu, memberikan pelayanan prima dan maksimal kepada masyarakat.

“Bekerjalah sepenuhnya hati. Jangan ingkar sama janji. Selalu patuhi kode etik profesi agar menjadi tenaga kesehatan yang profesional,” kata AS Tamrin singkat.

Ketua PAFI Sultra, M Idham berpesan, agar tenaga kefarmasian harus tetap menjaga profesionalitas dalam bekerja, karena menjadi bagian dari tenaga kesehatan dalam sistem kesehatan nasional.

Sumpah dan janji yang diucapkan, tentunya harus selalu dipatuhi sebagai pedoman untuk menjaga kerahasiaan atau hal-hal yang berkaitan dengan kerahasiaan farmasi.

“Selamat buat semua, dan selamat bergabung bersama keluarga besar PAFI. Kita sama-sama berharap, dengan hadirnya kita semua, industri farmasi di Indonesia bisa lebih maju dan berkembang,” kata Idham menutup.

Dalam sekempatan itu, turut pula dihadiri ketua IDI Kota Baubau, dr Lukman yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD Kota Baubau.

Penulis: Adhil