Pangdam Hasanuddin Bakal Upayakan Pembentukan Kodim di Wakatobi

194
Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka saat berkunjung ke Kabupaten Wakatobi. Foto: Samidin/suryametro.id

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Dalam kunjungan kerjanya ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (23/3/2021) Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menuturkan akan mengupayakan pembentukan Kodim di Wakatobi.

Alasan paling fundamental menurutnya, terkait letak daerah kabupaten Wakatobi yang dinilai cukup strategis karena berada di alur lintas kapal internasional (ALKI 3).

“Saya secara pribadi pernah bertemu dengan pak Hugua sewaktu ia masih menjabat Bupati Wakatobi, saya bilang akan membentuk kodim disini ternyata setelah saya menjadi panglima banyak hal yang perlu ditelaah,” ucap Pangdam Penggagas ASR tersebut saat menggelar ramah tamah bersama tokoh masyarakat, tokoh agama serta simpatisan ASR di aula hotel Wisata.

Pendirian kodim selama ini lanjutnya, masih terkendala dipersoalan pembebasan lahan. Jika lahan untuk pembangunan Kodim sudah ada, dalam waktu tidak lama lagi Kodim akan dibentuk di Wakatobi.

“Selain itu kabupaten Wakatobi yang 97 persennya merupakan lautan maka Angkatan Laut kita juga musti menjadi perhatian kita,”cetusnya.

Ia juga berharap, sebagai daerah yang didominasi oleh lautan, Kabupaten Wakatobi harus menata perairan menjadi lebih baik lagi.

“Sebagai anak perairan, saya berharap Wakatobi dapat menata lautnya dengan baik. Rumah-rumah seharusnya menghadap kelautan bukan sebaliknya, sehingga laut kita tetap bersih,” harapnya.

Reporter: Samidin
Editor: Herman Erlangga