Paslon SUARA Tinggal Menunggu SK dan Jadwal Pelantikan

40
Ketgam : Pemkab Konsel yang diwakili Kabag Pemerintahan, Irsan Halim Mangidi dan Kabag Persidangan, Omar Kaimuddin Haris menyerahkan kelengkapan berkas Pemenang Pilkada Konsel H. Surunuddin Danga-Rasyid dan diterima Asisten I Setda Pemprov Sultra, Basiran. (Foto: Udin/suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) telah menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga-Rasyid sebagai pemenang dalam Pilkada Konsel Periode 2021-2026.

Setelah berkas pasangan berakronim SUARA ini dinyatakan lengkap, selanjutnya berkas-berkas tersebut diusulkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk selanjutnya diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diterbitkan SK serta waktu pelaksanaan pelantikan.

Berkas berita acara penetapan pasangan terpilih hasil Pilkada Tahun 2020 itu dibawa langsung oleh Kabag Pemerintahan Konsel, Irsan Halim Mangidi dan Kabag Persidangan Konsel, Omar Kaimuddin Haris. Berkas tersebut kemudian diterima oleh Asisten I Setda Pemprov Sultra, Basiran.

Hal itu dibenarkan Irsan saat di konfirmasi awak suryametro.id melalui telepon selulernya, Kamis (25/3/2021). Setelah diterima Pemprov Sultra, berkas tersebut selanjutnya akan diperiksa kelengkapannya sebelum diserahkan ke Kemendagri.

“Iya benar berkas usulan pengangkatan Bupati dan Wabup Konsel, telah kami setor ke Pemprov Sultra, nantinya mereka akan periksa kelengkapan dokumen tersebut,” jawabnya.

Dirinya mengklaim, berkas-berkas yang diserahkan kepada Pemprov Sultra sudah dinyatakan lengkap, sehingga Ia meyakini tidak ada kesalahan administrasi jika dilakukan pemeriksaan. Setelah mendapatkan persetujuan Gubernur Sultra, Ali Mazi, berkas tersebut kemudian teruskan ke Kemendagri.

“Sesuai SOP tenggat waktu pengecekkan maksimal empat hari terhitung diterimanya berkas dari kami. Setelah pemeriksaan dokumen rampung berikutnya Pemprov akan meneruskan ke Kemendagri, untuk diterbitkan SK pelantikannya,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Pemprov Sultra, Basiran menyampaikan hal yang sama ketika dihubungi. Berkas-berkas tersebut akan secepatnya dilakukan pemeriksaan dan tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dokumen usulan telah kami terima, selanjutnya jika dianggap lengkap kita terbitkan surat usulan pelantikan ke Kemendagri secepatnya sesuai aturan,” ungkapnya.

Setelah usulan sudah diterima Kemendagri, pihaknya selanjutnya tinggal menunggu kepastian SK Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih diterbitkan. Yang pasti, surat usulan pengangkatan akan segera dikirim ke Kemendagri melalui Gubernur dalam waktu dekat, sembari menunggu pelaksanaan agenda pelantikan.

Adapun berkas yang disetor Pemda ke Pemprov Sultra, salah satu diantaranya yakni hasil penetapan Bupati dan Wabup terpilih oleh KPU dan Paripurna DPRD Konsel. Serta hasil putusan perkara Mahkamah Konstitusi (MK) tertanggal 19 Maret 2021, serta dokumen pendukung lainnya.

Reporter : Udin
Editor : Hariman