Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Buton Akan Dipusatkan Lapangan Banabungi

9
Bupati Buton Drs La Bakry MSi saat memimpin rapat koordinasi penetapan zakat fitra dan persiapan pelaksanaan hari raya idul fitri. (Foto: Kominfo Buton)

PASARWAJO, suryametro.id – Terhitung kurang lebih 12 hari lagi, perayaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021. Untuk pelaksanaan hari besar umat islam itu, Pemerintah Kabupaten Buton akan dipusatkan di Lapangan Banabungi, Pasarwajo.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Buton, Drs La Bakry MSi pada rapat koordinasi penetapan besaran zakat fitrah, infaq dan sedekah serta persiapan pelaksanaan hari Raya Idul Fitri 1442, yang dilaksankan di Kantor Bupati beberapa waktu lalu.

Untuk seluruh Kecamatan di Buton, pelaksanaan shalat Idul Fitri agar mencari lokasi yang luas agar menghindari kepadatan atau dipusatkan di lapangan masing-masing. Selain itu, untuk menghindari terjadinya kerumunan dan arak-arakan tidak diperbolehkan pelaksanaan takbir keliling.

“Shalat Idul Fitri kita pusatkan di Lapangan Banabungi untuk wilayah Pasarwajo, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Petugas kesehatan harus ada yang bertugas untuk mengecek suhu tubuh dan menyiapkan hand sanitizer untuk digunakan para jamaah,” ungkap La Bakry

Orang nomor satu di Buton itu, juga mengimbau para Camat dan KUA untuk menyampaikan kepada panitia yang menangani penyaluran zakat fitrah agar dapat menyalurkan zakat fitrah lebih cepat guna menghindari penumpukan. Dimana, pada H-1 lebaran sudah dituntaskan penyalurannya.

“Besaran infaq disamakan dengan tahun sebelumnya karena kondisi perekonomian masyarakat masih belum stabil dikarenakan pandemi covid-19. Sambil kita melihat kondisi untuk tahun selanjutnya,” tutupnya.(Adm)