Pemda Berperan Penting dalam Perlindungan HAM

40
Bupati Buton, La Bakry saat menjadi pemateri dalam kegiatan sekolah HAM Regional Sultra Angkatan pertama yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Baubau di salah satu hotel di Kota Baubau, Selasa 21 September 2021. (Foto: Dok Kominfo dan Persandian Buton)

BAUBAU, suryametro.id – Bupati Buton, La Bakry menjadi salah satu hadir pembicara pada pembukaan Sekolah Hak Asasi Manusia Regional Sultra Angkatan 1 yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Baubau (PB HMI) di salah satu hotel di Baubau, Selasa, 21 September 2021

Dalam kegiatan tersebut, La Bakry didaulat membawakan materi dengan tema ‘Nilai HAM dan Tata Pemerintahan Daerah’ di depan peserta yang berasal dari perwakilan HMI regional Sultra. Dihadapan para peserta, Ia mengingatkan tentang perkembangan zaman sekarang yang menuntut mahasiswa untuk bisa mengambil peran positif, berdaya dan kreatif.

“Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan. Kita wajib tahu apa yang menjadi hak dasarnya,” jelas La Bakry dalam pemaparannya.

Ia menjelaskan, Pemerintah Daerah dalam memenuhi HAM, sudah menjamin warganya sejak sebelum dilahirkan hingga wafat
Sehingga, dalam regulasi harus dipastikan tentang adanya hak-hak warga negara dalam tata kelola pemerintahan terjamin.

“Pemerintah Daerah mempunyai peran penting dalam pemenuhan, perlindungan, dan penghormatan Hak Asasi Manusia (HAM),” katanya.

Ketua Bapera Sultra, juga menaruh harapan agar kader Himpunan Mahasiswa Islam bisa menjadi penggerak dan leader dalam menjawab perkembangan zaman kaitannya dengan nilai HAM dan tata pemerintahan.

“Mahasiswa kader Himpunan Mahasiswa Islam bisa jadi penggerak perubahan yang kedepan tantangannya sangat kompleks, Sehingga bisa betul-betul memanfaatkan waktunya untuk membangun kapasitas diri dimasa mendatang,” tutup politisi Golkar ini.

Penulis : Hariman